Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan


EDUSAHAM.COM --- Bagi Anda yang membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan tertentu, Anda pasti bingung bagaimana cara download laporan keuangan perusahaan tersebut, bukan? Nah, jangan khawatir, Anda bisa mencari data dan informasi laporan keuangan perusahaan di website IDX atau Bursa Efek Indonesia (BEI), yang pastinya adalah perusahaan (emiten) yang telah go public atau IPO.

Cara Download Laporan Keuangan dan Tahunan Perusahaan di BEI

1. Silakan Anda kunjungi website IDX.

2. Lihat pada menu navigasi “Perusahaan Tercatat”, tampilannya seperti ini:

Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan

3. Kemudian pilih atau klik Laporan Keuangan dan Tahunan. Setelah di-klik, maka tampilannya seperti ini:

Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan

4. Pada menu Laporan Keuangan dan Tahunan, di sana terdapat empat (4) sub menu, yaitu:
Jenis Laporan, Jenis Efek, Kode/Nama Perusahaan*, dan Tahun.

a. Jenis Laporan

Nah, pada sub menu Jenis Laporan, di sana terdapat dua pilihan, yaitu Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan (Annual Report). Silakan pilih yang dibutuhkan. Jika Anda memilih Laporan Keuangan, maka Anda hanya akan disajikan informasi keuangan perusahaan saja.

Namun, jika Anda memilih Laporan Tahunan, maka Anda akan diberikan informasi lengkap mengenai perusahaan, seperti Profil Perusahaan, dan informasi penting lainnya termasuk juga disajikan Laporan Keuangan Perusahaan.

b. Jenis Efek

Untuk sub menu jenis efek, silakan Anda pilih saham.

c. Kode/Nama Perusahaan*

Pada bagian Kode/Nama Perusahaan*, silakan isi dengan perusahaan yang ingin dipilih. Anda bisa mengisi dengan kode atau nama perusahaan. Misalnya, Anda ingin melihat laporan keuangan perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, maka Anda bisa tulis kode AALI atau tulis nama perusahaannya.

d. Tahun

Pada bagian ini, silakan Anda pilih periode yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan laporan keuangan tahun sebelum 2017, maka Anda mesti berlangganan terlebih dahulu dan tentu saja tidak gratis.

Bagi Anda yang benar-benar menginginkan data laporan keuangan perusahaan tahun sebelumnya secara gratis, apakah tahun 2016, 2015, 2014, dan 2013, silakan klik di sini: Data Laporan Keuangan Semua Perusahaan di BEI.

5. Inilah tahap terakhir. Setelah Anda mengisi setiap bagian sub menu tersebut, silakan klik “Cari”. Tunggu beberapa saat, kemudian tampilannya akan seperti di bawah ini.

Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan

Silakan dilihat pada bagian “Report” yang dilingkari warna biru, kemudian tinggal di-klik, dan laporan keuangan perusahaan siap di-download.

Cara Download Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat di BEI

1. Silakan kunjungi website IDX.

2. Kemudian pilih menu “Data Pasar”, dan klik Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat yang terdapat di sub menu “Laporan Statistik”.

Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan

3. Setelah di-klik, maka tampilannya seperti di bawah ini.

Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan

Pada bagian “Search by”, silakan Anda isi kode atau nama perusahaan yang diinginkan, misalnya AALI - Astra Agro Lestari Tbk. Setelah itu, klik “Cari”, dan tunggu beberapa saat. Setelah muncul informasi perusahaan yang diinginkan, klik unduh pada bagian sudut kanan.

Nah, itulah informasi dan tutorial cara download laporan keuangan dan ringkasan kinerja perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia, yaitu melalui website IDX. Sekarang, Anda bisa menggunakan informasi keuangan perusahaan tersebut untuk kepentingan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa share, ya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Download Laporan Keuangan di IDX & Ringkasan Kinerja Perusahaan"

Post a Comment