Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI

Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI

EDUSAHAM.COM --- Apakah saat ini Anda sedang melakukan penelitian tentang instrumen saham? Nah, ada beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan, terutama oleh mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Salah satunya yaitu bagaimana cara mencari data jumlah saham yang beredar?


Sebelum kami memberikan jawaban dan pemaparan mengenai cara mencari jumlah saham beredar, perlu juga bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu tentang pengertian atau apa itu saham beredar. Secara sederhana, saham beredar adalah jumlah atau total seluruh saham emiten yang secara resmi sudah diterbitkan atau dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.

Ingat, jangan sampai salah membedakan antara jumlah saham beredar dengan jumlah saham yang diperdagangkan oleh suatu emiten. Karena itu berbeda. Untuk memahami lebih lanjut, silakan baca di sini: Perbedaan Jumlah Saham Beredar dan Jumlah Saham yang Diperdagangkan.

Satu hal lagi yang perlu diingat, istilah atau nama lain dari jumlah saham beredar adalah listed shares. Ini perlu disampaikan agar Anda tidak bingung ketika nantinya Anda bertemu dengan istilah seperti itu.

Lalu, bagaimana cara mencari data jumlah saham yang beredar? Anda bisa mencarinya di website IDX. Langsung saja, berikut tahapan mendapatkan jumlah lembar saham beredar di IDX.

1. Silakan kunjungi situs idx, atau klik di sini.

2. Cari menu “Data Pasar” dan klik sub menu “Ringkasan Saham” yang telah diberi panah hijau.

Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI

3. Setelah di klik, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI

Jika Anda ingin melihat jumlah saham beredar pada waktu tertentu, Anda bisa men-setting di bagian “Tanggal”. Misalnya, Anda ingin melihat jumlah saham beredar pada akhir tahun 2017. Maka Anda bisa mengisikan tanggal 29 Desember 2017 karena tanggal 30 Desember dan 31 Desember adalah penutupan bursa (hari libur).

Kemudian, di sana juga terdapat berbagai macam menu, seperti Kode Saham, First Trade, Volume Perdagangan, Offer, Tradeable Share, dan seterusnya. Nah, cara melihat data jumlah saham beredar, maka pilih atau centang listed shares. Tapi ingat, jangan hanya mencetang listed shares saja, pastikan Anda juga mencentang setidaknya Kode Saham dan Nama Perusahaan agar Anda bisa melihat dengan mudah jumlah saham beredar setiap perusahaan.

4. Setelah Anda mencentang tiga (3) menu tersebut, maka coba geser kursor ke bagian bawah, maka akan keluar tampilan seperti ini:

Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI

Di sana tampak Kode Saham, Nama Perusahaan, dan listed shares suatu perusahaan. Langkah selanjutnya, Anda tinggal klik “Unduh” yang telah diberi panah hijau.

Nah, itulah pemaparan cara mencari data jumlah saham yang beredar. Jika Anda memperhatikan dan mengikuti setiap tahapan dengan baik, pasti akan terasa mudah untuk mendapatkan data jumlah saham beredar. Sekian informasi dari kami, jika bermanfaat, mohon untuk share, ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tulis di komentar.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mencari Data Jumlah Saham Yang Beredar (Listed Shares) di BEI"

  1. saya sudah ceklis listed share, tapi di tabel yang muncul setalah nama perusahaan adalah kolom tertinggi, terendah,penutupan, nilai, frekuensi. Yang diambil untuk jumlah saham beredar di kolom apa kak? kolom nilai bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah saham beredar ada di kolom listed share, ya...

      Delete