Cara Mencari Data Kepemilikan Institusional (Saham Institusional)

Cara Mencari Data Kepemilikan Institusional (Saham Institusional)

EDUSAHAM.COM --- Jika Anda sedang melakukan penelitian mengenai kepemilikan institusional, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai cara mencari data kepemilikan institusional, bukan? Tenang saja, kami akan menyajikannya. Sebelum itu, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang teori struktur kepemilikan, pengertian kepemilikan institusional, dan cara melihat kepemilikan institusional di annual report.

Sesuai dengan teori struktur kepemilikan yang diungkapkan oleh para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa struktur kepemilikan adalah kumpulan beberapa pihak atau institusi yang menjadi bagian dari pemegang saham suatu perusahaan, baik yang berasal dari internal maupun eksternal.

Struktur kepemilikan dipercaya dapat memengaruhi jalannya kegiatan perusahaan yang kemudian berdampak pada kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, struktur kepemilikan dapat mencegah dan meminimalkan konflik antara manajemen dengan pemegang saham. Itulah pentingnya struktur kepemilikan.

Perlu Anda ketahui bahwa kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial merupakan bagian dari jenis struktur kepemilikan. Namun, di sini kami hanya akan menjelasakan mengenai kepemilikan institusional saja, yaitu cara mencari data kepemilikan institusional di annual report dan ringkasan kinerja perusahaan tercatat. Sebelum itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai definisi dan pengertian kepemilikan institusional.

Apa Itu Kepemilikan Institusional?

Menurut hemat kami, kepemilikan institusional adalah suatu kondisi di mana pihak eksternal ikut serta menanamkan saham di suatu perusahaan dengan porsi tertentu. Pihak eksternal tersebut bisa berupa institusi pemerintah dan swasta (domestik atau asing).

Teori dan Pengertian Kepemilikan Institusional Menurut Para Ahli

Apa teori dan pengertian kepemilikan institusional menurut para ahli? Berikut kami berikan beberapa pandangan para ahli mengenai teori kepemilikan institusional.

1. Pengertian Kepemilikan Institusional Menurut Tarjo

Menurut Tarjo, kepemilikan institusional adalah suatu kepemilikan berupa saham yang dimiliki oleh berbagai lembaga atau institusi, seperti perusahaan asuransi, perusahaan investasi, bank, dan institusi lainnya.

2. Pengertian Kepemilikan Institusional Menurut Shien et. al.

Shien et. al. berpandangan bahwa struktur kepemilikan institusional dapat didefinisikan sebagai bentuk kepemilikan saham dari berbagai macam institusi, seperti institusi pemerintah, institusi berbadan hukum, institusi keuangan, institusi luar negeri, dan institusi lainnya pada akhir tahun.

3. Pengertian Kepemilikan Institusional Menurut Widiastuti et. al.

Widiastuti et. al. mengungkapkan bahwa kepemilikan institusional merupakan suatu kepemilikan saham yang dimiliki oleh pihak atau lembaga eksternal perusahaan. Tak jarang, investor institusional menjadi pemegang saham mayoritas. Hal itu disebabkan karena mereka memiliki sumber daya yang lebih besar daripada para pemegang saham lainnya sehingga dianggap sanggup melaksanakan mekanisme controlling yang baik.

Cara Mencari Data Kepemilikan Saham Institusional

Nah, inilah hal yang menjadi pertanyaan banyak orang, terutama para mahasiswa/i yang sedang melakukan penelitian. Bagaimana cara mencari data kepemilikan institusional atau saham institusional? Berikut step by step mencari kepemilikan saham institusional.

A. Melihat Jumlah Saham Institusional di Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat

Inilah alternatif pertama untuk melihat jumlah saham institusional, yaitu melalui ringkasan kinerja perusahaan tercatat. Berikut tahapannya.

Tahap 1. Silakan download ringkasan kinerja perusahaan tercatat yang dijadikan sampel, atau bisa juga kunjungi website IDX.

Tahap 2. Sebagai contoh, kami di sini mengambil sampel pada perusahaan PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO). Berikut tampilan ringkasan performa perusahaan tercatat AGRO.

Cara Melihat Saham Institusional di Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat

Tahap 3. Coba lihat pada bagian SHAREHOLDERS yang kami beri lingkar warna hijau. Pada perusahaan AGRO, di sana terdapat tiga (3) pemegang saham (shareholders), yaitu PT BRI (Persero) Tbk, Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN), dan Publik, yang memiliki jumlah saham dengan persentase tertentu.

Nah, untuk melihat kepemilikan saham institusional AGRO, silakan pilih dan ambil jumlah saham yang dimiliki PT BRI (Persero) Tbk, DAPENBUN dan Publik. Anda bisa menjumlahkan total saham dari ketiga pihak tersebut. Dengan kata lain, 100% saham AGRO dimiliki oleh pihak eksternal. Itulah cara mencari data kepemilikan institusional.

B. Melihat Jumlah Saham Institusional di Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report)

Ada alternatif lain jika Anda ingin mencari data kepemilikan saham institusional, yaitu dengan melihat di annual report. Berikut tahapannya.

Tahap 1. Silakan download laporan tahunan (annual report) perusahaan yang ingin Anda jadikan sampel di IDX. Jika belum tahu cara men-download-nya, silahkan klik di sini.

Tahap 2. Buka annual report perusahaan tersebut. Di sini, kami masih menggunakan laporan keuangan tahunan AGRO.

Tahap 3. Pada annual report tersebut, lihat pada Bab "Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasi". Gunakan CTRL + F untuk lebih cepat.

Tahap 4. Lihat pada Subbab "Modal Saham". Tampilannya sebagai berikut:


Anda bisa melihat pada tampilan di atas. Annual report yang kami gunakan masih per Desember 2017. Tahun 2017 ada tiga (3) pihak institusional yang memiliki saham di PT AGRO, yaitu PT BRI, DAPENBUN, dan Publik. Mereka masing-masing memiliki jumlah dan persentase saham yang berbeda-beda. PT BRI memiliki 86,82% atau 15.551.271.075 lembar saham, DAPENBUN memiliki 5,98% atau 1.071.787.726 lembar saham, dan Publik 7,20% atau 1.289.479.157 lembar saham.

Anda pasti bingung, kenapa jumlah kepemilikan saham di ringkasan kinerja perusahaan tercatat dengan annual report berbeda? Tentu saja berbeda, annual report AGRO yang kami gunakan yaitu tahun 2017. Sedangkan struktur kepemilikan saham di ringkasan performa perusahaan AGRO tersebut sudah di-update ke Juni 2018. Jadi, tergantung kebutuhan Anda mau ambil yang mana. Itulah cara mencari data kepemilikan institusional di laporan tahunan.

Apakah Perseroan Terbatas Termasuk Kepemilikan Institusional?

Inilah yang sering menjadi pertanyaan banyak orang terutama mahasiswa/i yang sedang melakukan penelitian. Untuk menjawab pertanyaan apakah perseroan terbatas (PT) termasuk kepemilikan institusional, maka jawabannya adalah YA. Ada baiknya Anda pahami kembali konsep dan pengertian kepemilikan institusional.

Rumus dan Cara Menghitung Kepemilikan Institusional

Setelah Anda memahami cara mencari data kepemilikan institusional, kemudian mendapatkan jumlah saham institusional, kini kami akan menyajikan rumus dan cara menghitung kepemilikan institusional, berikut formulasinya.
INST = Jumlah Saham yang Dimiliki Institusi / Jumlah Saham Beredar
Sebelumnya Anda sudah tahu cara mencari jumlah saham institusional. Lalu, bagaimana cara mencari jumlah saham beredar? Silahkan baca di sini, mencari jumlah saham beredar di IDX.

Nah, sekian informasi mengenai cara mencari data kepemilikan institusional. Apakah Anda puas dengan penyajian artikel ini? Kami berharap demikian. Semoga website ini bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda yang ingin memahami seluk-beluk saham, dunia keuangan, dan dunia penelitian bidang manajemen dan keuangan. Terimakasih, semoga bermanfaat, dan jangan lupa share, ya.

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Cara Mencari Data Kepemilikan Institusional (Saham Institusional)"

  1. maaf ka mau nanya, kalau total saham institusionalnya 100% rumusnya berubah jadi di kali ya ? bukan di bagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Tetap dibagi, ya. Kemarin salah ketik, hehe.

      Delete
  2. Sebenernya saya masih bingung. Jadi yg disebut kepemilikan institusional itu semua saham yg dimiliki oleh pihak eksternal ?? Maksud saya, bahkan publik / masyarakat juga termasuk kepemilikan institusional (meskipun publik nya itu kita tidak tau berbentuk institusi atau hanya perseorangan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, kak! Kalau kakak masih bingung, dibaca lg artikelnya, ya... Kalau bisa berulang-ulang, sampai gak bingung lagi. Semangat! 😊

      Delete
  3. gan kalo misal oerusahaan institusional itu di miliki oleh perusahaan keluarga gimana ya? Masuk nya ke apa? Kan ads tuh prusahaan ysng ngga go public memiliki perusahaan go public.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap masuk ke dalam pihak eksternal... Krn setiap bisnis/perusahaan tentu punya manajemen yg berbeda...

      Delete
  4. Kak, izin bertanya. Apakah "Pemerintah RI" dan "Masyarakat" juga termasuk kepemilikan institusional? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa pun pihak eksternal, itu termasuk kepemilikan institutional. Agar lebih paham dan dapat membedakan, baca juga pembahasan kepemilikan manajerial di sini https://www.edusaham.com/2019/02/cara-mencari-data-kepemilikan-manajerial-saham-manajerial.html

      Delete