Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

Cara Mencari Data Kepemilikan Manajerial (Saham Manajerial)

Cara Mencari Data Kepemilikan Manajerial (Saham Manajerial)

EDUSAHAM.COM --- Bagi mahasiswa atau peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang kepemilikan manajerial, mungkin Anda bingung cara mencari data kepemilikan manajerial. Jangan khawatir, kami akan menyuguhkannya. Namun, sebelum menjelaskan tentang hal itu, ada baiknya Anda memahami teori struktur kepemilikan terlebih dahulu, kemudian pengertian kepemilikan manajerial, contoh menghitung kepemilikan manajerial, dan hal terkait lainnya.

Berdasarkan teori struktur kepemilikan yang dinyatakan oleh para ahli, maka bisa disimpulkan bahwa struktur kepemilikan adalah gabungan dari beberapa pihak (institusi) yang ikut serta menjadi pemegang saham suatu korporasi, baik berasal dari internal maupun eksternal.

Nah, struktur kepemilikan diyakini mampu memengaruhi proses kegiatan operasional perusahaan, yang pada akhirnya berdampak pada performa yang dihasilkan perusahaan. Selain itu, struktur kepemilikan juga dapat mencegah terjadinya suatu konflik antara manajemen dengan para pemegang saham. Itulah peran pentingnya struktur kepemilikan.

Ada hal penting yang perlu diketahui juga bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional termasuk jenis dari struktur kepemilikan. Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas mengenai kepemilikan manajerial saja, yaitu cara mencari data kepemilikan manajerial di ringkasan kinerja perusahaan tercatat dan annual report. Namun sebelum itu, penting juga bagi Anda untuk memahami tentang pengertian kepemilikan manajerial.

Apa itu Kepemilikan Manajerial?

Sederhananya, kepemilikan manajerial adalah suatu kondisi di mana pihak manajemen atau pengelola perusahaan ikut serta menjadi pemegang saham, di samping juga terlibat dalam pengelolaan perusahaan.

Teori dan Pengertian Kepemilikan Manajerial Menurut Para Ahli

Nah, bagaimana teori atau pengertian kepemilikan manajerial menurut para ahli? Berikut disajikan beberapa pendapat dari para ahli tentang teori kepemilikan manajerial.

1. Pengertian Kepemilikan Manajerial Menurut Josua & Yogi

Menurut mereka, kepemilikan manajerial adalah suatu kondisi di mana manajer perusahaan juga mempunyai porsi saham di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, manajer merangkap sebagai pengelola dan pemegang saham perusahaan.

2. Pengertian Kepemilikan Manajerial Menurut Wahidahwati

Wahidahwati memiliki pendapat bahwa kepemilikan manajerial bisa didefinisikan sebagai tingkat kepemilikan saham dari pihak manajemen yang secara aktif ikut serta dalam proses pengambilan keputusan perusahaan.

3. Pengertian Kepemilikan Manajerial Menurut Chen & Steiner

Menurut Chen & Steiner, untuk melihat proksi kepemilikan saham manajerial bisa diukur dengan persentase kepemilikan jajaran komisaris, direksi, dan manajer terhadap jumlah total saham yang beredar.

Proses dan Cara Mencari Data Kepemilikan Saham Manajerial

Barangkali, inilah yang sedang dicari-cari oleh para mahasiswa/i dan peneliti, yaitu cara mencari data kepemilikan manajerial. Nah, berikut tahapan untuk melihat jumlah kepemilikan saham manajerial.

A. Cara Melihat Jumlah Saham Manajerial di Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat

Nah, ini bisa menjadi alternatif pertama untuk mencari data jumlah saham manajerial. Langsung saja, berikut tahapannya.

Tahap 1. Silakan Anda download sampel perusahaan di ringkasan kinerja perusahaan tercatat yang ada di websiteIDX, caranya bisa klik di sini.

Tahap 2. Kami di sini menggunakan sampel pada PT Kino Indonesia Tbk (KINO). Nah, berikut tampilan ringkasan kinerja perusahaan KINO.

Cara Mencari Saham Manajerial di Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat
Tahap 3. Coba Anda lihat pada bagian SHAREHOLDERS, BOARD OF COMMISIONERS, dan BOARD OF DIRECTORS yang telah kami beri lingkar berwarna hijau. Sesuai dengan konsep kepemilikan manajerial, maka salah satu pihak manajerial (manajemen) yang punya saham di KINO bernama Harry Sanusi. Oleh karena itu, jumlah kepemilikan saham manajerial KINO adalah total saham dari Harry Sanusi. Itulah cara mencari data kepemilikan manajerial.

B. Cara Melihat Jumlah Saham Manajerial di Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report)

Selain itu, Anda juga bisa mencari data kepemilikan saham manajerial di annual report. Berikut tahapannya.

Tahap 1. Kunjungi website IDX, dan download laporan tahunan (annual report) PT KINO atau perusahaan yang dijadikan sampel. Jika belum mengerti cara men-download-nya, coba klik di sini.

Tahap 2. Silakan dibuka annual report perusahaan sampel tersebut. Di sini, kami masih memakai laporan tahunan KINO.

Tahap 3. Pada annual report tersebut, coba Anda lihat di Bab "Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasi". Agar lebih cepat, gunakan CTRL + F.

Tahap 4. Lihat di Subbab "Modal Saham". Berikut tampilannya.


Contoh Laporan Keuangan

Pada subbab "Modal Saham" di atas tampak jelas jumlah saham manajerial. Di sini kami masih memakai laporan keuangan per Desember 2017. Untuk tahun 2017, ada dua (2) pihak manajerial yang memiliki saham di PT KINO, yaitu Harry Sanusi (Presiden Direktur) dan Peter Chayson (Direktur). Mereka memiliki jumlah dan persentase saham tertentu, di mana Harry Sanusi memiliki 10,57% atau 150.990.000 lembar saham dan Peter Chayson memiliki 0,03% atau 366.800 lembar saham.

Notes: Pada ringkasan kinerja perusahaan tercatat, kami menggunakan jumlah kepemilikan saham yang telah di-update per Juni 2018. Sedangkan pada annual report KINO yang digunakan adalah tahun 2017. Pertanyaannya, kenapa jumlah kepemilikan saham Harry Sanusi tahun 2017 dengan 2018 sama (tidak berbeda)? 

Itu mengindikasikan bahwa Harry Sanusi tidak menambah jumlah kepemilikan sahamnya di PT KINO hingga Juni 2018. Kenapa di tahun 2018 tidak ada nama Peter Chayson di jajaran direksi? Artinya, dia tidak lagi menempati posisi tersebut.

Nah, itulah cara mencari data kepemilikan manajerial di annual report. Perlu Anda catat, setiap periode bisa saja terjadi perubahan terhadap struktur kepemilikan manajerial. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan periode up to date atau yang sesuai dengan kebutuhan penelitian Anda.

Rumus dan Contoh Menghitung Kepemilikan Manajerial

Setelah paham cara mencari data kepemilikan manajerial, kemudian juga telah mendapatkan jumlah saham manajerial, berikut juga kami sajikan rumus dan contoh menghitung kepemilikan manajerial, berikut formulasinya.
MNJR = Jumlah Saham Komisaris, Direksi, dan Manajer / Jumlah Saham Beredar
Nah, sebelumnya Anda sudah paham cara mencari jumlah kepemilikan saham manajerial. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mencari jumlah saham yang beredar? Jangan khawatir, Anda bisa klik di sini, melihat jumlah saham beredar di IDX.

Itulah informasi dan pembahasan tentang cara mencari data kepemilikan manajerial. Pertanyaannya, apakah Anda suka dengan cara penyajian artikel ini? Harapan kami demikian. Ya, semoga blog ini selalu konsisten menjadi sumber referensi terbaik, terutama tentang saham, keuangan, dan dunia penelitian khusus bidang manajemen & keuangan. Sekian terimakasih, semoga ada manfaatnya, dan jangan alpa untuk share, ya.

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Cara Mencari Data Kepemilikan Manajerial (Saham Manajerial)"

  1. sangat sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Kalo bedanya dengan kepemilikan keluaga gimana? Cara mencari perusaaan keluarga gmna ya Trus kalo kepemilikan krluarganya juga masuk di manajerial itu gimana ya? Perusahaan manajerial atau keluarga?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, sangat membantu,,

    Yang saya tanyakan, di annual report untuk nama kepemilikan manajerial kok tidak ada, hanya nama perusahaan saja dan hampir semua yg menjadi sampel saya tidak ada data kepemilikan manajerialnya,, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya m
      pihak manajerial gak punya kepemilikan saham, kak... Utk lebih paham, coba dibaca lagi artikelnya ya kak...

      Delete
  4. Kak, kalo kepemilikan asing itu termasuk ke kepemilikan institusional atau bukan? Kalo kepemilikan asing itu gimana ka cari nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pahami prinsipnya lagi bahwa kepemilikan institusional adalah kepemilikan dari pihak eksternal (apapun bentuknya).

      Delete
  5. Kak, kalo cari data kepemilikan asing gimana ya?

    ReplyDelete
  6. Kak mau tanya kenapa direksi dan komisaris bisa memliki saham di perusahaan?? Selain karena adanya program ESOP/MSOP. Terimkasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum maafmaaf nanya. Kalo kepemilikan terpusat itu gemana ya? Mohon bantuannya untuk penelitian skripsi saya. Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Pak saya mau tanya, suatu perusahaan dapat dikatakan memiliki kepemilikan manajerial yang tinggi atau rendah itu patokannya berapa lebih/kurang dari berapa persen ya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Kalo semua sampel yang saya pakai tidak punya kepemilikan manajerial nya. Lalu bagaimana saya menghitung datanya ka ?

    ReplyDelete