Download Indikator Pengungkapan CSR Menurut GRI G4 pdf

Download Indikator Pengungkapan CSR Menurut GRI G4 pdf

EDUSAHAM.COM --- Sebelum kami memberikan link download indikator pengungkapan CSR menurut GRI G4, kami hanya ingin mengingatkan bahwa pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan dengan lengkap dan terstruktur mengenai corporate social responsibility (CSR), mulai dari pengertian CSR menurut para ahli, tujuan CSR, manfaat CSR, prinsip CSR, dasar hukum CSR hingga contoh CSR perusahaan dan CSR bank.
Bagi Anda yang belum membaca, silahkan baca di sini: Penjelasan Lengkap Mengenai CSR.

Nah, untuk mengukur CSR suatu perusahaan, maka dibutuhkan alat ukur atau indikator CSR. Ada beberapa item dan indikator CSR menurut para ahli, seperti indikator CSR menurut sembiring, dan sebagainya. Terdapat jumlah item yang beragam, ada daftar 78 item pengungkapan CSR, ada juga yang 91 indikator, dan seterusnya. Nah, salah satu pengungkapan CSR yang paling umum digunakan yaitu indikator pengungkapan CSR menurut GRI G4, yang terdiri dari 91 indikator CSR.


Apa itu GRI? GRI (Global Reporting Initiatif) adalah sebuah organisasi internasional yang menyediakan konsep kerja untuk pelaporan keberlanjutan, dan itu dapat dijadikan referensi oleh seluruh organisasi di semua negara.

Siapa yang membentuk GRI? Global Reporting Initiatif atau GRI dibentuk oleh organisasi berbasis nirlaba asal Amerika Serikat (USA), yaitu Coallition for Environtmentally Responsible Economics. GRI juga melakukan kolaborasi dengan National Center fo Sustainability Reporting (CSR) untuk meluncurkan pedoman pelaporan pengungkapan CSR untuk wilayah Asia Tenggara.

Nah, kerangka konsep kerja tersebut diyakini bisa digunakan oleh berbagai jenis organisasi, baik yang berbeda sektor, ukuran maupun lokasinya. Untuk kawasan Asia Tenggara, pedoman pelaporan CSR disebut juga sebagai GRI G4. Inilah yang dikenal sebagai indikator pengungkapan CSR menurut GRI G4.

GRI G4 ini diluncurkan pertama kali di Amsterdam, Belanda, tepatnya pada tanggal 22-05-2013. Peluncuran tersebut juga bertepatan dengan acara Konferensi Global Pelaporan Keberlanjutan. Acara tersebut dihadiri oleh 70 negara, dengan total 1600 peserta, 20 orang diantaranya adalah delegasi dari Indonesia.

Direktur Interim GRI Asthildut mengungkapkan bahwa Pedoman Pelaporan CSR atau indikator pengungkapan CSR menurut GRI G4 tersebut didesain dan dibuat dengan melibatkan berbagai pihak dan proses pembuatannya memakan waktu yang tidak sebentar, yaitu selama dua tahun. Sistem pelaporan internasional ini bisa digunakan untuk menjalankan bisnis yang berorientasi pada lingkungan dan kepedulian sosial.

Pedoman pelaporan CSR atau yang dikenal juga sebagai Pedoman Laporan Keberlanjutan sebenarnya bukan sesuatu yang baru. GRI sendiri sebelumnya telah membuat pedoman tersebut untuk pertama kalinya pada tahun 2000.

Karena perkembangan dunia bisnis yang semakin kompleks, maka Pedoman Pelaporan Keberlanjutan tersebut perlu disesuaikan. Sejak tahun 2002, pedoman tersebut telah beberapa kali mengalami revisi, hingga pada akhirnya diluncurkan pedoman terbaru yang juga merupakan generasi ke-4. Itulah yang sering disingkat sebagai G4.

Hingga akhir tahun 2013, indikator pengungkapan CSR menurut GRI G4 tersebut telah digunakan oleh 50 perusahaan di Indonesia. Jumlah tersebut diyakini akan terus meningkat seiring dengan adanya tekanan dari investor agar perusahaan bisa menjalankan bisnis dan usahanya sesuai dengan prinsip 3 P; People, Planet, dan Profit.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Download Indikator Pengungkapan CSR Menurut GRI G4 pdf"

Post a Comment