Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

Cara Mengukur Reputasi Underwriter & Pengaruh Terhadap Underpricing

Cara Mengukur Reputasi Underwriter & Pengaruh terhadap Underpricing

EDUSAHAM.COM --- Sebelum membahas tentang cara mengukur reputasi underwriter dan pengaruh terhadap underpricing, apakah Anda pernah mendengar istilah underwriter sebelumnya? Ya, secara sederhana, underwriter atau penjamin emisi adalah suatu pihak yang menjadi perantara dan membantu perusahaan ketika akan melakukan IPO (Initial Public Offering) terutama dalam penentuan harga saham di pasar perdana.

Dengan kata lain, underwriter adalah pihak yang menjembatani antara perusahaan dengan investor. Underwriter akan memberikan saran kepada perusahaan terhadap besaran harga saham yang akan diterbitkan. Jika penjamin emisi menerima kompensasi baik dari emiten maupun dari investor, mereka akan mendapatkan insentif untuk memberikan rekomendasi harga penawaran yang lebih rendah.

Underwriter merupakan lembaga yang memiliki peran kunci terhadap setiap emisi efek yang ada di pasar modal. Mereka akan memberikan nasihat serta hal-hal yang penting untuk diperhatikan oleh emiten tentang timing yang tepat dalam melakukan penawaran.

Pengertian Reputasi Underwriter (Penjamin Emisi)

Dalam melakukan proses go public atau IPO, perusahaan tidak bisa melakukannya sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan peran pihak eksternal seperti halnya underwriter untuk mengurus proses IPO tersebut. Meskipun begitu, penting juga bagi perusahaan (emiten) untuk memilih penjamin emisi yang memiliki reputasi baik.

Kenapa reputasi underwriter penting untuk diperhatikan? Ya, salah satunya yaitu untuk meminimalkan potensi underpricing. Kenapa underwriter bisa meminimalkan potensi terjadinya underpricing? Karena underwriter memiliki pemahaman dan pengalaman dalam pasar modal. Apabila penawaran umum (emisi saham) dilakukan oleh penjamin emisi yang bereputasi baik, maka potensi untuk mendapatkan kesuksesan bagi emiten lebih besar.

Cara Mengukur Reputasi Underwriter

Menurut Khin et. al., variabel reputasi underwriter yang digunakan dalam suatu penelitian dapat diukur dengan menggunakan variabel dummy, yaitu dengan memberikan nilai 1 untuk underwriter yang memiliki reputasi, dan nilai 0 untuk underwriter yang tidak memiliki reputasi.

Bagaimana Cara Menentukan Underwriter yang Bereputasi dengan yang Tidak Bereputasi?

Di Indonesia, belum ada ketetapan atau indikator pasti mengenai underwriter yang memiliki reputasi apalagi lembaga formal yang memberikan peringkat terhadap reputasi underwriter. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur reputasi underwiter yaitu dengan menggunakan indikator 20 most active brokerage in total frequency dalam IDX monthly statistics, atau 20 broker yang paling aktif dari segi frekuensi perdagangan pada statistik bulanan di IDX.

Nah, untuk underwriter yang masuk ke dalam top 10 dalam frekuensi perdagangan bulanan, maka akan diberikan nilai 1. Sebaliknya, underwriter yang tidak masuk top 10 akan diberi skor atau nilai 0.

Hubungan dan Pengaruh Reputasi Underwriter Terhadap Underpricing

Sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai pengertian reputasi underwriter dan cara mengukur reputasi underwriter. Sekarang, bagaimana pengaruh reputasi underwriter terhadap underpricing?

Ada sebuah asumsi yang mengatakan bahwa reputasi underwriter berpengaruh terhadap underpricing. Apabila underwriter memiliki reputasi yang baik, maka semakin terjamin saham perusahaan. Selain itu, dengan melibatkan underwriter yang bereputasi baik, itu juga dapat meningkatkan citra positif bagi perusahaan dalam rangka menarik dan meyakinkan investor bahwa perusahaan tersebut memiliki kapasitas yang baik (reliability).

Itu hanya asumsi saja, untuk membuktikan apakah reputasi underwriter memiliki pengaruh terhadap underpricing, maka ada baiknya dilakukan penelitian ilmiah. Dengan demikian, Anda bisa melihat secara pasti dan terukur pengaruh dua variabel tersebut.

Itulah informasi yang dapat kami berikan, jika ada pertanyaan, silakan hubungi kami atau tulis di kolom komentar. Semoga informasi singkat ini bisa memberi pemahaman secara praktis dan cepat kepada Anda mengenai reputasi underwriter. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengukur Reputasi Underwriter & Pengaruh Terhadap Underpricing"

Post a Comment