Mudah! Begini Rumus & Cara Mencari Trading Volume Activity (TVA)

Mudah! Begini Rumus & Cara Mencari Trading Volume Activity (TVA)

EDUSAHAM.COM --- Bagaimana cara mencari trading volume activity (TVA) dan seperti apa rumusnya? Nah, itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul, terutama diajukan oleh mahasiswa yang mungkin sedang dan akan melakukan penelitian khususnya tentang volatilitas saham. Jangan khawatir, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai TVA. Namun, sebelum menjelaskan mengenai hal itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian dari TVA.

Apa Itu Trading Volume Activity (TVA)?

Secara sederhana, trading volume activity (TVA) atau aktivitas volume perdagangan adalah jumlah atau total lembar saham yang diperdagangkan oleh suatu emiten pada periode waktu tertentu. Dengan kata lain, setiap kegiatan penjualan yang terjadi dan ditransaksikan di bursa saham, itulah yang disebut TVA. Nah, TVA memiliki pengaruh terhadap volatilitas harga saham karena dianggap menjadi faktor utama atau kunci untuk memprediksi pergerakan harga saham.

Nah, biasanya, trading volume activity (TVA) digunakan pada penelitian yang membahas tentang volatilitas harga saham, likuiditas saham, stock split, dan reverse stock split. Sebagai contoh, ada penelitian yang membahas mengenai perusahaan yang melakukan stock split kemudian menilai dampak stock split terhadap aktivitas volume perdagangan.

Secara singkat, memang stock split dianggap mampu meningkatkan TVA atau aktivitas volume perdagangan saham suatu emiten. Kenapa? Ya, salah satunya karena dampak yang dihasilkan stock split yang mana bisa membuat suatu saham memiliki nominal harga yang lebih murah.

Tentu saja, saham yang memiliki harga yang relatif lebih murah berpotensi untuk dibeli dan dijangkau oleh semua lapisan pelaku saham, baik pelaku saham yang memiliki modal kecil, modal menengah, hingga modal besar. Ketika saham banyak ditransaksikan, nilai TVA pasti akan meningkat.

Jika Anda pernah mendengar istilah Indeks LQ45, maka di sana Anda bisa melihat daftar perusahaan yang memiliki nilai TVA yang tinggi. Kenapa demikian? Ya, perusahaan LQ45 adalah kumpulan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi (liquid). Biasanya, TVA yang tinggi hanya dimiliki oleh perusahaan yang liquid. Itulah kenapa pengukuran TVA sangat penting terutama bagi trader atau investor dalam mengambil keputusan investasi.

Rumus dan Cara Mencari Nilai Trading Volume Activity (TVA)

Untuk tahu cara mencari trading volume activity (TVA), itu bisa dilakukan dengan menghitung nilai TVA. Rumus mencari nilai TVA yaitu dengan membandingkan jumlah saham yang diperdagangkan (tradeable shares) dengan jumlah saham yang beredar (listed shares).
TVA = Total Saham Yang Diperdagangkan / Total Saham Yang Beredar
Apa itu jumlah saham yang diperdagangkan (tradeable shares) dan bagaimana cara mencari datanya? Selengkapnya bisa Anda baca di artikel sebelumnya: Cara Mencari Data Saham Diperdagangkan di Yahoo Finance

Apa itu jumlah saham yang beredar (listed shares) dan bagaimana cara mencari datanya? Kami juga telah menyediakan info tersebut di sini: Cara Mencari Data Jumlah Saham Beredar di IDX

Bagi Anda yang belum bisa membedakan antara Jumlah saham yang beredar (listed shares) dengan jumlah saham yang diperdagangkan (tradeable shares), silakan baca di artikel ini: Perbedaan Mendasar antara Saham Beredar dengan Saham Diperdagangkan

Well, itulah penjelasan dan pemaparan singkat yang dapat kami sajikan, yaitu mengenai cara mencari trading volume activity (TVA). Nah, silakan tulis di kolom komentar jika ada yang ragu atau ada yang ingin ditanyakan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menggugah serta memberi wawasan baru kepada Anda semua.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mudah! Begini Rumus & Cara Mencari Trading Volume Activity (TVA)"

  1. Terima kasih atas penjelasannya, Kak.. Saya mau tanya, untuk mencari jumlah saham yang beredar di Bursa Malaysia apakah kaka tau di mana?

    ReplyDelete