Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

10 Manfaat dan Keuntungan Investasi Saham yang Wajib Diketahui

Manfaat dan Keuntungan Investasi Saham

EDUSAHAM.COM --- Alasan utama kenapa banyak investor berinvestasi di instrumen saham adalah profit, apalagi jika investasi jangka panjang. Memang, tidak sedikit manfaat dan keuntungan investasi saham. Sudah banyak investor yang merasakannya. Namun, tak jarang pula ada yang merasakan kerugian. Ya, itu merupakan bagian dari risiko investasi saham. Tidak ada investasi bebas risiko.

Itulah pentingnya memiliki perencanaan yang baik dalam investasi saham. Pasalnya, jika Anda terjun ke dalam dunia saham tanpa persiapan dan perencanaan, jangankan mendapatkan keuntungan, justru kerugianlah yang akan dirasakan. Minimnya pengetahuan, pengalaman, dan perencanaan merupakan bibit-bibit yang bisa menimbulkan kerugian. Meskipun begitu, itu bisa diatasi dengan kemauan yang tinggi untuk belajar.

Saham itu termasuk instrumen investasi yang high risk high return: memiliki risiko tinggi tetapi juga mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Oleh karena itu, untuk meminimalkan risiko investasi, bekali diri Anda dengan pengetahuan tentang saham.

Saran kami, silakan Anda baca artikel tentang investasi saham berikut ini yang bisa Anda jadikan bekal dalam berinvestasi, sebagai berikut:

Dengan memahami artikel-artikel tentang saham di atas, diharapkan Anda bisa mengetahui apa yang mesti dilakukan dan apa yang mesti ditinggalkan sehingga Anda dapat mengambil keputusan investasi dengan tepat dan mampu memilih emiten (perusahaan) yang profitable. Pada akhirnya, Anda bisa merasakan manfaat dan keuntungan investasi saham. Penasaran, apa saja manfaat dan keunggulan dari investasi saham? Berikut pemaparannya.

Profit Investasi Saham secara Teoretis

Jika dijelaskan secara teoretis, maka sebenarnya hanya ada dua manfaat dan keuntungan investasi saham, yaitu berbentuk capital gain dan dividen.

1. Capital Gain

Apa itu capital gain? Secara umum, capital gain adalah selisih plus (+) antara harga jual dan harga beli saham. Dengan kata lain, harga jual saham lebih tinggi dari harga belinya.
Capital Gain = Harga Jual - Harga Beli

Misalnya, Anda membeli saham di harga Rp 300 per lembar. Beberapa waktu kemudian, Anda menjual saham tersebut di harga Rp 500 per lembar. Maka, Anda memperoleh capital gain sebesar = Rp 500 - Rp 300 = Rp 200 per lembar saham. Selengkapnya bisa baca di artikel ini: Materi Capital Gain dan Capital Loss

2. Dividen

Apa itu dividen? Secara umum, dividen adalah laba yang dihasilkan oleh suatu emiten dari aktivitas operasional, kemudian laba tersebut dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen kas atau dividen saham. (Baca: Pengertian Dividen Saham)

Berikut ini ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui tentang dividen, sebagai berikut:
·         merupakan hasil laba dari kegiatan operasional perusahaan,
·         bentuk pembayaran dari perusahaan kepada para pemegang saham,
·         bagian dari tanggung jawab (kewajiban) perusahaan terhadap pemegang saham,
·         diberikan kepada para pemegang saham sesuai jumlah kepemilikan saham (proporsional),
·         dapat berupa uang tunai (cash) dan efek (saham).
·         dibayarkan ke pemegang saham preferen terlebih dahulu, kemudian barulah dibayarkan ke pemegang saham biasa.

Pembahasan lengkap tentang dividen bisa dibaca di artikel ini: Materi Lengkap tentang Dividen

Profit Investasi Saham Non Teoretis

Manfaat dan Keuntungan Investasi Saham

Lalu, bagaimana pula manfaat dan keuntungan investasi saham secara non teoretis? Berikut ini ada beberapa profit investasi saham yang juga wajib Anda ketahui, sebagai berikut.

3. Menjamin Kesejahteraan Finansial

Keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi saham mampu memberikan kesejahteraan finansial bagi masyarakat pemodal. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwa investasi saham adalah investasi dengan tingkat laba yang tinggi.

Itulah kenapa Warren Buffet, salah satu tokoh dan investor terkenal, mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena aktivitas investasi saham. Banyak lagi contoh investor di luar sana yang sukses dan kaya raya karena mendapatkan manfaat dari investasi saham.

4. Belajar Mengontrol Emosi

Inilah manfaat dan keuntungan investasi saham yang bisa Anda rasakan. Ya, berinvestasi saham bisa mengajarkan Anda untuk mengontrol emosi. Misalnya, ketika harga saham turun, investor mesti belajar menahan emosi agar tidak menjual saham tanpa perhitungan.

Ingat, suatu keputusan yang diambil dalam keadaan emosi, tidak akan menghasilkan keputusan yang baik. Emosi itu bisa melumpuhkan kejernihan berpikir. Nah, investasi saham bisa mengajarkan Anda tentang pentingnya mengontrol emosi.

5. Belajar Arti Kesabaran dan Penantian

Investasi saham tidak selalu berbicara tentang untung rugi. Ada proses berharga yang bisa dirasakan investor dalam berinvestasi, dan itu bisa memberikan pelajaran penting tentang arti kesabaran dan penantian. Ketika harga saham berfluktuasi, kadang naik, kadang turun, dari sana lah investor belajar bersabar untuk mendapatkan penantian akan sesuatu yang menjadi dambaan, yaitu keuntungan finansial.

6. Mengasah Otak untuk Berpikir

Investasi saham tidak seperti judi, kawan. Judi itu memungkinkan Anda untuk menebak-nebak dan berharap tebakan itu benar, sedangkan saham tidak. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari saham, maka Anda harus belajar untuk berpikir. Kenapa? Karena dalam saham, Anda dituntut untuk melakukan analisis terhadap perusahaan, analisis market, analisis situasi ekonomi, dan seterusnya. Dengan kata lain, itu menuntut Anda untuk berpikir.

7. Menjadi Bagian dari Pemilik Perusahaan

Nah, bagi Anda yang membeli saham suatu perusahaan dengan jumlah lembar tertentu, baik dalam jumah sedikit maupun banyak, maka Anda sudah dianggap sebagai bagian dari pemilik perusahaan. Jika orang lain bekerja untuk perusahaan, maka Anda berada di atas mereka karena Anda lah yang memiliki perusahaan tersebut.

Bahkan, jika jumlah saham yang Anda miliki di suatu perusahaan melebihi 51%, maka Anda bisa menjadi pengendali perusahaan. Hebat, bukan? Inilah manfaat dan keuntungan investasi saham yang akan Anda peroleh.

8. Terhindar dari Kesibukan yang Tidak Produktif

Investasi saham merupakan kegiatan yang sangat produktif. Betapa tidak, dengan bermodalkan smartphone dan sejumlah dana, Anda sudah bisa memperoleh profit dari investasi saham. Hal ini berbanding terbalik jika Anda menghabiskan waktu untuk bermain games. Bukannya menghasilkan keuntungan, justru Anda yang akan tekor, baik dari segi materi finansial (uang) maupun non finansial (waktu).

9. Membiayai Kegiatan Bisnis

Investasi saham yang dilakukan oleh investor, menjadi berkah tersendiri bagi emiten (perusahaan). Pasalnya, modal atau dana dari investor tersebut dapat dijadikan sebagai tambahan modal bagi perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional dan bahkan memperluas jaringan usaha (ekspansi). Inilah manfaat dan keuntungan investasi saham bagi perusahaan.

10. Belajar Arti Perjuangan yang Sebenarnya

Investasi saham bisa memberi pelajaran kepada Anda tentang arti perjuangan, terutama untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, Anda juga dituntut untuk berjuang dalam menghadapi kondisi pasar yang kadang tidak stabil, sehingga bisa membuat harga saham jatuh. Berjuang menghadapi emosi agar tetap terkendali, berjuang menghadapi nafsu agar tidak serakah, dan berjuang untuk terus konsisten dalam berinvestasi.

Tidak sedikit masyarakat pemodal (investor) yang gugur dalam berinvestasi, dengan kata lain tidak mau lagi berinvestasi saham. Ya, karena terlalu sering merasakan kerugian sehingga merasa investasi saham tidak menguntungkan. Padahal, itu tidak benar. Buktinya, banyak investor yang berhasil. Jadi, konsisten inilah yang dianggap paling sulit dalam berinvestasi. Maka, berjuanglah, dan jadikan setiap kerugian sebagai proses untuk menjadi lebih baik.

Nah, itulah manfaat dan keuntungan investasi saham yang perlu Anda ketahui. Apa tujuan tim edusaham mengemas dan menyajikan artikel tentang keunggulan investasi saham ini? Ya, tujuan kami adalah agar Anda semangat untuk berinvestasi saham. Kenapa? Karena dengan menjelaskan manfaat dari sesuatu, itu bisa membangkitkan hasrat untuk melakukannya. So, tidakkah Anda tertarik dengan investasi saham? Semua keputusan Anda ditangan Anda. Kami hanya menyajikan, Anda yang memutuskan. Semoga info ini bermanfaat, ya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat dan Keuntungan Investasi Saham yang Wajib Diketahui"

Post a Comment