Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

Lengkap ! 7 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

EDUSAHAM.COM --- Sebelum tim edusaham menjelaskan apa saja perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, perlu Anda ketahui juga bahwa kami telah memaparkan secara lengkap mengenai akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, ruang lingkup, dan sebagainya. Nah, pada kesempatan ini, tim edusaham akan menyajikan apa perbedaan antara keduanya karena masih banyak siswa atau mahasiswa yang belum bisa membedakan antara keduanya.

Untuk mengawali pembahasan, tim edusaham akan mengulas sedikit mengenai pengertian akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Ini nantinya akan menjadi landasan atau dasar bagi Anda untuk dapat mencari di mana letak perbedaan antara keduanya.

Pengertian Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Secara sederhana, akuntansi manajemen adalah suatu proses menghasilkan data dan informasi keuangan untuk kepentingan internal manajemen suatu korporasi yang kemudian akan dijadikan sebagai landasan untuk pengambilan keputusan.

Sedangkan akuntansi keuangan adalah suatu proses penyajian laporan keuangan yang digunakan untuk kepentingan eksternal perusahaan, seperti pemegang saham, kreditur, investor, pemerintah, dan lainnya.

Berdasarkan pengertian akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan di atas, apakah Anda sudah bisa menangkap di mana letak perbedaannya? Nah, untuk lebih jelas berikut pemaparan lengkap mengenai perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan, Bedanya Di Mana?

Berikut ada beberapa poin yang menjadi perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

1. Pengguna atau Pemakai Laporan

Akuntansi Manajemen. Pengguna atau pemakai laporan keuangan yaitu pihak internal perusahaan (manajemen). Data dan informasi yang dihasilkan nantinya akan dipakai untuk bahan evaluasi terhadap kinerja manajemen perusahaan serta juga digunakan untuk pengambilan keputusan. Siapa saja pihak internal tersebut? Sebagai contoh: manajer, supervisor, karyawan, dan seterusnya.

Akuntansi Keuangan. Pengguna laporan keuangan adalah pihak eksternal perusahaan (pemegang saham, kreditur, investor, pemerintah, dst) yang mana data atau informasi keuangan tersebut nantinya akan dipakai untuk pengambil keputusan. Misalnya, investor akan memakai laporan keuangan tersebut untuk menilai bagaimana tingkat kesehatan keuangan perusahaan. Ini nantinya akan berpengaruh terhadap keputusan investasi.

2. Tujuan Penggunaan

Inilah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan lainnya. Ya, dari segi tujuan, akuntansi manajemen bertujuan untuk menghasilkan laporan atau informasi keuangan lebih spesifik (detail): mengidentifikasi masalah dan mencari solusi atas masalah tersebut. Sedangkan akuntansi keuangan bertujuan untuk menghasilkan laporan atau informasi keuangan yang bisa mendeskripsikan performa dan kondisi perusahaan.

3. Titik Fokus Informasi

Akuntansi manajemen lebih cenderung berfokus pada cerminan masa depan (tidak melihat histori atau sejarah). Sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada data dan informasi masa lalu yang dapat memberikan deskripsi tentang pertanggungjawaban manajemen atas pengelolaan sumber daya perusahaan.

4. Ruang Lingkup

Akuntansi manajemen berfokus pada ruang lingkup yang lebih sempit. Dengan kata lain, hanya sebatas kebutuhan perusahaan. Misalnya, menghasilkan informasi atau laporan terkait bagian pemasaran, atau bagian produksi, dan sebagainya. Sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada penyajian informasi keuangan secara komprehensif dan detail, seperti neraca, laba rugi, perusahaan modal, dan lainnya.

5. Rentang Waktu

Rentang waktu dari penyampaian laporan dari akuntansi manajemen cenderung lebih fleksibel, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Sedangkan akuntansi keuangan kurang fleksibel dan hanya mencakup rentang waktu tertentu.

6. Sifat Informasi

Inilah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan selanjutnya. Ya, untuk akuntansi manajemen, sifat informasi yang dihasilkan cenderung subjektif, dan berorientasi pada pemecahan masalah perusahaan, dapat digunakan untuk pengambilan keputusan serta membantu dalam menjalankan fungsi dasar manajemen (POAC).

Sedangkan akuntansi keuangan, informasi yang dihasilkan bersifat objektif, lebih akurat, dapat dipertanggungjawabkan, dan memiliki ketepatan yang baik. Pada umumnya, untuk menghasilkan atau menyajikan informasi keuangan, manajemen perusahaan akan menggunakan jasa pihak ketiga yang independen, seperti auditor.

7. Tipe Informasi

Akuntansi manajemen memiliki tipe informasi yang lebih luas, seperti keuangan, pengukuran fisik, operasional, teknologi, kompetitor, pemasok, dan pelanggan. Sedangkan tipe informasi akuntansi keuangan hanya berfokus pada pengukuran keuangan saja.

Well, itulah penjelasan terkait perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Bagaimana, apakah Anda sudah paham di mana letak perbedaan di antara kedua bidang akuntansi tersebut? Ya, kami rasa penjelasan ini sudah cukup jelas dan sudah semestinya bisa dipahami dengan baik. Sekian yang dapat tim edusaham informasikan, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lengkap ! 7 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan"

Post a Comment