Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

Pengertian Akuntansi Manajemen: Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup, Contoh

Pengertian Akuntansi Manajemen

EDUSAHAM.COM ---  Apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen? Mungkin, itulah yang menjadi salah satu pertanyaan Anda sekalian. Nah, di sini, kami dari tim edusaham akan membahas secara lengkap dan terstruktur terkait pengertian akuntansi manajemen, tujuan dan fungsi akuntansi manajemen, tugas dan peran seorang akuntan manajemen, ruang lingkup, dan materi lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir, ya.

Artikel terkait:

Definisi Akuntansi Manajemen secara Umum

Apa itu akuntansi manajemen? Secara umum, pengertian akuntansi manajemen adalah suatu sistem akuntansi yang berhubungan dengan penggunaan informasi akuntansi (beserta ketentuan), yang digunakan oleh manajemen suatu organisasi dalam rangka membuat keputusan bisnis.

Akuntansi manajemen atau juga bisa disebut akuntansi manajerial merupakan elemen penting dalam suatu organisasi/perusahaan karena dapat menyajikan laporan-laporan akuntansi yang bisa menjadi bahan evaluasi dan kontrol bagi pihak manajemen.

Akuntansi manajemen pada umumnya digunakan dalam rangka pencapaian manajemen internal suatu organisasi, dan itu dipakai oleh manajemen internal perusahaan, seperti manajer keuangan, manajer operasional, manajer pemasaran, dan pihak manajemen internal lainnya.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dan pengertian akuntansi manajemen menurut beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Horngren (1993)
Akuntansi manajemen adalah proses mengindentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisis, menyiapkan, menafsirkan, dan mengomunikasikan suatu informasi yang dapat membantu setiap jajaran eksekutif dalam  mencapai tujuan suatu organisasi.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Supomo (2000)
Akuntansi manajemen adalah suatu kegiatan (proses) yang mampu menghasilkan informasi keuangan untuk pihak manajemen suatu organisasi yang kemudian dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam rangka menjalankan fungsi manajemen. Apa itu fungsi manajemen? Umumnya, ada 4 basic functions of management, yaitu Planning, Organizing, Actuating/Directing, dan Controlling, atau disingkat dengan POAC.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Mulyadi (2001)
Pengertian akuntansi manajemen yaitu suatu informasi keuangan yang merupakan hasil dari kegiatan akuntansi manajemen kemudian dipakai untuk keperluan internal perusahaan.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut CIMA (Chartered Institute of Management Accountants)
Akuntansi manajemen adalah kegiatan identifikasi, pengukuran, analisis, penyiapan/penyusunan, interpretasi, dan komunikasi suatu informasi yang dipakai oleh pihak manajemen dalam menerapkan fungsi manajemen (baca: POAC). Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa suatu organisasi (entitas) telah sesuai dengan ketentuan dan terjamin akuntabilitas penggunaan sumber daya yang ada.

Selain itu, akmen (akuntansi manajemen) juga meliputi penyusunan laporan keuangan (financial statement) untuk kelompok/bagian non manajemen, contoh pemegang saham, kreditur, otoritas pajak, badan pengatur, dan seterusnya.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Secara umum, fungsi akuntansi manajemen adalah untuk membantu pihak manajemen dalam menjalankan fungsi manajemen (planning, organizing, directing, dan controlling) dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Beberapa manajemen perusahaan juga menggunakan akuntansi manajemen dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sebagai berikut:
  • Manajer Keuangan (Finance Manager) membutuhkan informasi mengenai aktifitas keuangan perusahaan (modal kerja, biaya-biaya, tingkat pengembalian investasi, pengembalian modal, dan rasio keuangan.

  • Manajer Produksi membutuhkan informasi terkait rincian biaya bahan pokok atau HPP (Cost of Good Sold) seperti biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung: biaya overhead, dan total keseluruhan biaya produksi.

  • Manajer Pemasaran (Marketing Manager) membutuhkan informasi terkait komponen biaya agar bisa menetapkan harga jual produk, sistem penjualan (kredit atau tunai), biaya komisi penjualan, biaya marketing fee, dan informasi terkait discount terhadap produk tertentu untuk meningkatkan volume penjualan.

  • Top Manajemen membutuhkan data dan informasi tersebut dalam rangka untuk pengambilan keputusan dan kebijakan strategis perusahaan, seperti penyusunan anggaran, diversifikasi produk, ekspansi usaha, dan kebijakan investasi.      

Tujuan Akuntansi Manajemen

Apa tujuan akuntansi manajemen? Umumnya, akuntansi manajemen bertujuan untuk memberikan informasi keuangan yang dapat digunakan oleh manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan. Sebagai contoh, jika dilihat dari konteks informasi akuntansi manajemen, maka tujuan akuntansi manajemen adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan informasi terkait biaya produk, biaya jasa, dan biaya lainnya yang mungkin diperlukan oleh manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dapat dipakai dalam menerapkan fungsi manajemen (POAC) secara sustainable.
  • Menyediakan informasi terkait pengambilan keputusan.

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Setelah memahami pengertian akuntansi manajemen, lalu apa contoh ruang lingkupnya? Menurut The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi manajemen dalam praktik yang luas dapat dikaitkan dengan tiga bidang berikut ini:
  • Manajemen Strategi. Bertujuan untuk memajukan peran dari akuntan manajemen sebagai mitra penting (baca: strategis) dalam organisasi.
  • Manajemen Kinerja. Bertujuan untuk mengembangkan praktik dalam pengambilan keputusan suatu organisasi.
  • Manajemen Risiko. Bertujuan untuk menciptakan kerangka kerja terkait praktik identifikasi, pengukuran, pengelolaan, dan pelaporan risiko bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan.

Informasi Akuntansi Manajemen

Apa itu informasi akuntansi manajemen? Secara umum, berikut penjelasan mengenai informasi akuntansi manajemen.
  • Dirancang dan ditujukan untuk pihak manajemen internal perusahaan (organisasi).
  • Digunakan hanya untuk kepentingan internal manajemen perusahaan dan tidak untuk dilaporkan ke publik.
  • Dihitung berdasarkan kebutuhan manajemen perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki perbedaan kebutuhan, maka implementasi akuntansi manajemen juga berbeda-beda di setiap perusahaan.
  • Informasi akuntansi manajemen umumnya dipakai oleh suatu organisasi untuk pengambilan keputusan.
  • Dilakukan tanpa mengacu pada standar akuntansi dan tidak mementingkan kepatuhan terhadap nilai profesi.
  • Cenderung melihat prospek ke depan, bukan histori masa lalu.

Tugas dan Peran Akuntan Manajemen

Seorang ahli yang menguasi bidang akuntansi manajemen dapat disebut sebagai akuntan manajemen. Nah, menurut CIMA (Chartered Institute of Management Accountants), seorang akuntan manajemen semestinya mampu menerapkan standar dan pengetahuan profesional dalam proses penyusunan dan penyajian informasi keuangan sehingga dapat membantu pihak manajemen dalam merumuskan perencanaan, kebijakan, pengendalian, dan pengoperasian.

Tak heran, jika akuntan manajemen sering disebut sebagai “pencipta nilai” antara akuntan. Mereka memang lebih tertarik untuk melihat ke depan dan mengambil kebijakan/keputusan yang dapat memengaruhi masa depan suatu organisasi. Oleh karena itulah seorang akuntan manajemen tidak melihat rekaman atau histori sejarah dan kepatuhan atas aspek profesi.

Kegiatan seorang akuntan manajemen mengacu pada informasi bisnis termasuk di dalamnya peramalan dan perencanaan, serta kajian untuk memantau biaya (costs) yang melekat dalam suatu bisnis.

Akuntan manajemen merupakan seorang yang punya akuntabilitas ganda baik untuk tim keuangan maupun bisnis. Maksudnya yaitu bahwa seorang akuntan manajemen bertanggung jawab atas pengelolaan tim bisnis dan pada saat bersamaan juga mesti menyediakan antar laporan dan tanggung jawab dalam mengoordinasikan keuangan korporasi.

Dengan kata lain, akuntan manajemen memiliki hubungan pelaporan ganda, yaitu bisa sebagai mitra strategis dan juga sebagai penyedia keputusan yang didasarkan pada informasi keuangan & operasional.

Well, itulah penjelasan materi lengkap tentang akuntansi manajemen, mulai dari pengertian akuntansi manajemen, fungsi, tujuan, ruang lingkup, informasi akuntansi manajemen, dan tugas/peran akuntan manajemen. Semoga penyajian di artikel ini bisa membuat Anda paham tentang akuntansi manajemen. Jika informasi ini bermanfaat, tim edusaham berharap Anda mau untuk men-share artikel ini agar semakin banyak orang bisa memahami akuntansi manajemen. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Akuntansi Manajemen: Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup, Contoh"

Post a Comment