Laporan Keuangan + Rasio Keuangan Bank Syariah (2013 - 2017)

4 Tips Investasi Saham untuk Pemula agar Sukses

Tips Investasi Saham untuk Pemula

EDUSAHAM.COM --- Investasi saham merupakan suatu bisnis yang sangat menggiurkan bila melihat potensi keuntungan (return) yang terkandung di dalamnya. Namun, untuk mendapatkan keuntungan, tentu saja dibutuhkan pengetahuan yang luas dan Anda dituntut untuk memahami seluk-beluk investasi saham tersebut.

Kenapa demikian? Ya, karena dalam dunia investasi, termasuk investasi saham, akan selalu ada potensi risiko (risk). Itulah alasan kenapa Anda mesti benar-benar matang dalam memulai investasi saham. Jangan sampai salah melangkah!

Mau Sukses Investasi Saham? Begini Caranya!


Bagaimana cara investasi saham untuk pemula yang baik agar meraih kesuksesan? Berdasarkan sumber dari duwitmu.com, setidaknya ada 4 tips sukses investasi saham untuk pemula.

  1. Mengenali Diri Sendiri
Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi saham, ada baiknya Anda mengenali seperti apa diri Anda. Maksudnya, Anda harus mengetahui bagaimana karakter Anda dalam menyikapi sesuatu, dan apa passion Anda.

Misalnya, jika Anda adalah seorang yang selalu ingin instan dalam meraih keuntungan, maka Anda tidak cocok untuk berinvestasi saham. Kenapa? Karena untuk meraih keuntungan dalam bisnis saham, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi.

Kemudian, temukan dan berinvestasi pada passion Anda. Misalnya, Anda menyukai dunia seni & hiburan, maka Anda bisa berinvestasi pada perusahaan yang bergerak di industri tersebut. Percayalah, kemaksimalan akan tercapai lebih cepat jika Anda berkutat pada sesuatu yang Anda suka (passion).

  1. Memiliki Tujuan dan Perencanaan yang Jelas
Apa tujuan Anda dalam berinvestasi saham? Untuk mendapatkan keuntungan, pasti! Lalu, apa strategi Anda untuk meraih keuntungan dalam investasi saham tersebut? Kemudian, berapa lama jangka waktu investasi yang Anda tetapkan: apakah jangka panjang, jangka menengah, atau jangka pendek?

Nah, untuk sukses dalam investasi saham, sudah semestinya Anda mampu menjawab semua pertanyaan tersebut. Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas dalam berinvestasi.

Mana yang lebih baik, apakah investasi jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang? Bagi pemula, ada baiknya Anda memilih investasi saham dalam jangka menengah hingga jangka panjang.

Kenapa demikian? Ya, karena pasar saham memiliki tingkat fluktuasi yang cukup tinggi. Nah, untuk meminimalkan risiko fluktuasi tersebut, investasi jangka menengah dan jangka panjang bisa menjadi pilihan yang baik.

  1. Mulai Investasi dengan Modal Kecil
Sebagai tips investasi saham untuk pemula, ada baiknya Anda memulai investasi saham dengan modal kecil. Jangan gunakan seluruh modal Anda, cobalah berinvestasi dengan menggunakan 5% dari total modal yang Anda miliki. Misalnya, Anda punya modal RP 100 juta, maka gunakan Rp 5 juta sebagai langkah awal.

Nantinya, seiring dengan berjalannya waktu, dan pemahaman Anda terhadap investasi saham juga terus meningkat, maka Anda bisa berangsur-angsur untuk menambah jumlah modal untuk investasi tersebut.

Jika Anda menggunakan seluruh modal yang dimiliki untuk berinvestasi, dan jika terjadi kerugian, maka modal Anda tidak tersisa sedikit pun. Oleh karena itu, sebagai tahap permulaan, cobalah berinvestasi saham dengan modal yang kecil.

  1. Investasi pada Perusahaan Blue Chip
Apa itu perusahaan blue chip? Singkatnya, perusahaan blue chip adalah perusahaan yang cenderung dikenal oleh masyarakat, jelas produk yang dijualnya, manajemen perusahaan yang transparan, bahkan terkesan mandiri (tidak begitu bergantung pada utang)Baca juga: mengenal perusahaan blue chip lebih dalam.

Apa sih untungnya berinvestasi pada saham blue chip? Sebagai contoh, jika pasar saham mengalami koreksi, maka saham dari perusahaan blue chip cenderung mampu bertahan, pun jika ikut mengalami koreksi, maka tidak akan signifikan. Jika kondisi pasar saham kembali pulih, maka saham blue chip akan pulih lebih cepat dari perusahaan lainnya. Untuk meminamalkan risiko investasi, saham blue chip sangat layak untuk dipilih, apalagi bagi pemula.

Nah, itulah penjelasan mengenai tips dalam menjalankan investasi saham untuk pemula yang baik dan sukses. Semoga tips ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Tips Investasi Saham untuk Pemula agar Sukses"

Post a Comment