Prediksi Harga Solana 2022, Koin SOL Berpotensi Naik?

Edusaham.com – Solana (SOL) adalah salah proyek kripto teratas dan koin terpopuler di bursa, khususnya dari segi market cap. Tercatat, hingga hari ini Rabu (26/1/2022) pukul 00:01 WIB, Solana bertengger di posisi ke-7 dengan kapitalisasi pasar $29,5 miliar. Harga koin crypto SOL dalam 24 jam terakhir meroket lebih 10% ke level $94. Lalu, seperti apa prospek dan prediksi harga Solana 2022, apakah berpotensi naik atau cenderung turun?

Pergerakan Harga Solana

Pergerakan di Tahun 2021: sepanjang tahun lalu, pergerakan harga Solana (SOL) sangat menjanjikan setelah harga meroket sangat tajam. Pada perdagangan awal Januari, harga koin SOL dibuka di $1,51 dan ditutup di level $170 per keping pada akhir Desember. Dengan demikian, harga Solana tahun 2021 telah naik dan meroket lebih dari 11000%. Dengan apresiasi signifikan, ini membuat pasar optimasi tentang prospek dan prediksi harga Solana 2022.

Pergerakan di Tahun 2022: sepanjang di awal tahun ini, pergerakan harga Solana cenderung merosot atau anjlok, setelah secara year-to-date turun 44%. Penurunan harga klin crypto SOL yang sangat dalam ini juga senada dengan pergerakan pasar kripto yang negatif. Bahkan, pasar crypto tampak jatuh atau crash dalam minggu lalu, setelah sebagian besar crypto dengan fundamental bagus juga ikut kontraksi besar-besaran. Dengan pergerakan minus di awal tahun 2022, ini kemudian menimbulkan pertanyaan tenntang prospek & prediksi harga Solana 2022.

Prediksi Harga Solana 2022

Cara untuk prospek dan prediksi harga Solana 2022 adalah dengan analisis teknikal. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan, kami menggunakan bollinger bands (BB), fibonacci retracements (FR), MACD, dan CCI.

Grafik harga SOL/USDT mingguan, sumber: tradingview

1. Bollinger Bands (BB)

Berdasarkan grafik mingguan (weekly), pergerakan Solana sedang berada dalam kondisi volatilitas tinggi, hal ini tampak dari garis BB (atas dan bawah) yang mulai melebar, tepatnya melebar ke bawah. Harga koin kripto SOL tampak mulai jatuh ke bawah setelah berada di area tengah pada sekitar akhir tahun 2021. Dalam kondisi ini, ada dua kemungkinan, yang paling ideal yakni harga Solana akan kembali naik dan bergerak ke tengah BB – karena sekarang sudah jenuh jual. Namun, bisa juga harga koin SOL terus ke bawah dan garis BB semakin melebar.

2. Fibonacci Retracements (FR)

Indikator fibonacci retracements memberikan sinyal bahwa harga Solana sedang berjuang bertahan di area 78,6, di mana level support di $76 dan resistance di $116. Terlihat bahwa dalam minggu ini harga koin crypto SOL sempat menguji level support dan menyentuh level harga $80. Jika mampu setidaknya bertahan di posisi ini, ada peluang harga Solana akan segera naik untuk mencoba menembus FR 61,8%. Berdasarkan pola ini, ada prediksi harga Solana 2022 masih berpotensi naik, atau juga bisa kecenderungan mendatar (sideways) atau proses konsolidasi setelah meroket tajam tahun lalu.

3. MACD

Indikator MACD memberikan sinyal negatif, karena saat ini pergerakan Solana sedang dalam tren turun atau bearish. Hal ini bisa terlihat dari MACD line yang masih betah di bawah signal line. Dalam kondisi ini, prediksi harga Solana 2022 masih berpotensi turun, selagi MACD line belum mampu menembus ke atas signal line. Akan tetapi, jika dalam waktu dekat MACD line sanggup segera bergerak ke atas signal line, prospek dan prediksi harga Solana 2022 adalah berpotensi naik untuk melanjutkan pergerakan uptrend dan bullish. Jadi, prediksi akan tergantung pada situasi atau skenario harga selanjutnya.

4. Commodity Channel Index (CCI)

Indikator CCI memberitahukan kondisi yang kurang baik untuk pergerakan harga Solana 2022. Pasalnya, saat ini CCI Solana untuk periode mingguan sedang bergerak di area negatif, tepatnya minus 179 (-179). Pada dasarnya, angka paling vital di CCI yang dilihat adalah -100 dan +100. Saat CCI di bawah -100, itu menunjukkan sinyal tren lemah, dan harga SOL berpotensi bearish atau turun. Namun, potensi naik masih ada ketika CCI mulai merangkak naik ke atas -100.

Sedangkan CCI di atas +100 menjadi sinyal bullish yang kuat, harga berpotensi naik. CCI sebenarnya juga bisa dipakai untuk sinyal overbought dan oversold, yang mana CCI di bawah -100 adalah oversold, dan CCI di atas +100 adalah overbought. Akan tetapi saat CCI masih berada di bawah -100, tren turun masih kuat, sehingga kenaikan harga bersifat temproral atau sementara saja. Sementara itu, CCI di atas +100 akan menjadi sinyal overbought, namun selagi mampu bertahan di atas +100, penurunan akan sementara saja, dan harga akan lanjut naik.

Pandangan Akhir

Prospek dan prediksi Solana 2022 adalah cenderung netral atau bergerak konsolidasi. Akan tetapi, jika Anda membeli koin crypto SOL di bawah harga $100, maka ada peluang harga SOL ditutup positif pada akhir tahun 2022. Ada potensi harga Solana sepanjang tahun ini bergerak di sekitar $100 – $250, yang mana garis BB akan saling bergerak rata dengan jarak yang hampir sama. Ini menunjukkan proses konsolidasi harga, setelah koin kripto SOL naik dan meroket 11000% lebih tahun lalu. Sementara itu, prospek jangka panjang dari Solana masih cerah, mengingat proyek blockchain yang hebat yang mampu menampung lebih banyak kasus penggunaan untuk DApps, DeFi, DEX, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com