Mengenal Investasi Emas dan Keuntungannya

EDUSAHAM.COM — Ada banyak instrumen investasi yang biasanya dipilih dan digunakan sebagai alat menabung atau mendapat keuntungan di masa depan. Salah satu contoh instrumen yang digandrungi masyarakat ialah investasi emas. Selain mudah dan bisa ditemukan di mana saja, berinvestasi emas juga menguntungkan karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara berinvestasi emas, jenis-jenis berinvestasi emas, dan keuntungannya.

Baca juga: Apa itu trading emas (gold trading) di pasar forex

Pengertian Berinvestasi

Investasi merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Investasi juga bisa disebut dengan penanam modal, karena berinvestasi berarti membeli modal dari sesuatu atau barang yang tidak konsumtif dan digunakan untuk tujuan lain di masa yang akan datang. Misalnya, tanah, emas, rumah, dan lainnya.

Emas dikategorikan sebagai barang investasi karena aman dan sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Kini berinvestasi emas tak hanya dilakukan secara offline. Berkat kecanggihan dan kemajuan teknologi, kini berinvestasi emas sudah bisa dilakukan secara online. Berikut ini beberapa kelemahan dan kelebihan berinvestasi emas secara online untuk kamu.

Keuntungan Berinvestasi Emas Online

Bagi kamu yang tak ingin ribet saat memilih instrumen investasi, berinvestasi emas secara online bisa menjadi pilihan untukmu. Selain aman ada beberapa kelebihan lainnya dalam berinvestasi emas.

#1. Praktis

Selain mudah, berinvestasi emas secara online juga tergolong praktis, karena saat ini sudah banyak platform-platform jual beli emas online yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membeli atau menjual emas melalui internet sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang atau toko emas untuk melakukan transaksi. Hal ini tentu memberikan kemudahan dan praktis.

Selain itu, transaksi pembelian maupun penjualan emas juga bisa dilakukan dengan cara mentransfer sejumlah uang melalui rekening bank ke platform yang kamu gunakan. Sehingga, transaksi jual beli emas menjadi lebih ringkas, cepat dan mudah.

#2. Modal Minim

Bagi investor pemula, tentu modal minim menjadi salah satu faktor utama memilih instrumen berinvestasi. Kini, kamu tak perlu khawatir, karena berinvestasi emas secara online bisa dilakukan mulai dari Rp 10.000,- saja. Bahkan ada e-commerce yang menawarkan berinvestasi emas mulai dari Rp500,-.

#3. Bisa Dipantau di Mana Saja

Keuntungan berinvestasi emas melalui online ialah kamu bisa langsung memantau perkembangan harga emas setiap waktu dan langsung membeli ketika harga emas dirasa sedang murah. Sehingga kamu tak perlu khawatir ketinggalan momen emas murah.

#4. Bisa Berinvestasi Emas Fisik

Meskipun berinvestasi emas secara online, namun ketika jumlah tabungan emasmu mencapai harga tertentu, kamu bisa menariknya secara fisik alias dalam bentuk emas asli dan dikirim ke alamat rumahmu. Tak perlu khawatir terkena penipuan, asalkan kamu mendaftar di platform berinvestasi emas yang terpercaya, maka danamu aman. Biasanya jika kamu mencetak emas secara fisik, maka kamu akan mendapatkan sertifikat dan asuransi pengiriman. Sehingga emas yang kamu beli bisa sampai ke rumahmu dengan aman dan selamat.

#5. Bebas Biaya Administrasi

Dengan berinvestasi emas secara online maka memangkas biaya administrasi yang biasanya kamu bayarkan saat berinvestasi di kantor cabang. Selain itu, berinvestasi emas secara online juga memungkinkan kamu untuk langsung melakukan jual beli dengan konsumen sehingga memangkas biaya transaksi juga.

Kelemahan Investasi Emas Online

Meski memiliki banyak manfaat dan keuntungan, berinvestasi emas juga punya beberapa kelemahan yang perlu dipahami sebelum berinvestasi emas.

#1. Sistem Online Belum Mampu Menjangkau Semua Masyarakat

Seperti yang kamu tahu, berinvestasi emas secara online membutuhkan perangkat dan peralatan seperti laptop, PC, ponsel dan internet. Sayangnya, masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau listrik maupun internet sehingga menyulitkan mereka untuk berinvestasi emas secara online.

Selain itu, faktor pendidikan dan usia juga berpengaruh dalam berinvestasi emas secara online. Sebab, sebagian besar dari mereka yang berinvestasi emas online adalah anak-anak muda usia belasan hingga 40 tahun. Sedangkan bagi para orang tua, khususnya lanjut usia dan tinggal di pelosok daerah informasi tentang hal ini terkadang belum sampai ke telinga mereka. Sehingga, menyebabkan kurang meratanya jangkauan sistem ini ke masyarakat luas.

#2. Rawan Pembobolan

Meski mudah dan praktis, investasi emas secara online sebenarnya memiliki risiko pembobolan, hacker, atau phising yakni pencurian akun dan menguras seluruh dana berinvestasi emasmu.

Sehingga, ada baiknya sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas di sebuah platform, kamu harus mengecek validasi dan legalitas platform tersebut, jangan sampai keinginan untuk menabung dan berinvestasi malah buntung tertipu akun berinvestasi emas bodong.

Tips dan Cara Berinvestasi Emas

Apabila kamu seorang pemula, dan ingin memulai berinvestasi emas secara online, berikut ini beberapa tips dan cara berinvestasi emas bagi pemula yang harus kamu simak agar aman dan sukses mendapat keuntungan berlimpah.

#1. Menentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Dalam melakukan sesuatu, seseorang pasti memiliki tujuan. Begitu pula dengan berinvestasi emas, sebelum berinvestasi emas ada baiknya kamu memahami apa tujuanmu berinvestasi? Apakah itu untuk modal menikah, membangun rumah, membeli properti, mewujudkan mimpi untuk menunaikan ibadah haji dan umroh, membeli kendaraan, ata untuk modal usaha. Kamu harus tahu dulu, apa yang ingin kamu capai dalam berinvestasi emas ini.

Hal ini penting untuk mengukur kemampuan, jangka waktu dan jumlah emas yang kamu butuhkan untuk mewujudkan impianmu itu.

#2. Berinvestasi Emas dengan Cara Membeli Emas Gram Kecil

Jangan menunggu memiliki banyak uang untuk bisa berinvestasi emas. Sebaliknya, berapapun jumlah uangmu jika niatmu bersungguh-sungguh untuk mewujudkan cita-citamu, maka kamu bisa membeli emas dalam jumlah gram kecil. Hal ini untuk memudahkanmu dalam berinvestasi emas sekaligus umumnya para pembeli yang bukan investor besar juga lebih tertarik membeli emas dalam jumlah yang kecil.

#3. Pantau Perkembangan Harga Emas

Emas sebagai barang yang memiliki nilai jual, harganya cenderung fluktuatif yakni bisa naik atau turun. Meski begitu, berinvestasi emas logam mulia harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Nah, untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas, kamu harus tahu fluktuatif harga emas saat ini. Dengan cara memantau dan mengecek harga secara berkala, kamu tak akan ketinggalan momen terbaik untuk menjual atau membeli emas. Karena, memantau harga emas adalah kunci kesuksesanmu dalam berinvestasi emas. Tentu, waktu yang tepat untuk menjual emas ialah ketika harganya sedang tinggi, dan waktu terbaik untuk membeli emas ialah ketika harganya sedang turun.

#4. Pilih Jenis Berinvestasi Online

Umumnya, berinvestasi emas tersedia dalam beberapa tipe yakni emas batangan, emas koin dan perhiasan. Ketiga tipe berinvestasi emas tersebut berbentuk fisik dan biasanya disimpan secara perorangan. Namun, berinvestasi emas online hanya bisa dilakukan dengan cara menabung, membeli, dan menjual emas. Nah, sebelum berinvestasi emas online kamu harus memahami konsep ini terlebih dahulu agar tidak salah saat memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

#5. Bertransaksi di Platform yang Aman dan Terpercaya

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa berinvestasi emas sebenarnya sangat berisiko apalagi jika kamu menyimpannya di platform yang tidak terpercaya. Karena di zaman modern ini banyak orang tergiur dengan untung yang berlimpah meskipun terdengar tidak rasional. Kesempatan tersebut lantas digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan berkedok investasi online.

Selain itu, kamu juga harus waspada dengan tempatmu berinvestasi, meskipun kamu yakin platform tersebut aman dan terpercaya, kamu juga harus menelusuri background-nya, apakah ia platform yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama hingga cita-citamu terwujud? Karena jika platform atau tempatmu berinvestasi emas online itu bangkrut, tentu akan menyulitkanmu menyelamatkan tabungan emasmu. Jadi sebelum melakukan transaksi, pastikan platform tersebut aman dan terpercaya.

Rekomendasi Platform Berinvestasi Emas Online yang Aman dan Terpercaya

Memilih tempat untuk berinvestasi emas online adalah hal yang penting, karena hal ini menyangkut dana tabungan emasmu sehingga pastikan kamu harus memilih tempat investasi emas yang aman, terpercaya, dan berizin atau legal. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat berinvestasi emas.

#1. Pegadaian

Pegadaian tak hanya digunakan sebagai tempat menggadaikan barang-barang berharga namun di sini kamu juga bisa berinvestasi emas. Investasi emas di Pegadaian aman dan terpercaya karena sudah berlisensi dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Berinvestasi emas di Pegadaian tak hanya menguntungkan, namun juga dilengkapi dengan persyaratan yang mudah seperti memiliki kartu identitas KTP atau Paspor, mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas, dan membayar biaya transaksi tabungan emas.

Semua proses itu bisa kamu lakukan secara online melalui website Pegadaian atau aplikasinya yang bisa kamu download di Android maupun IOS. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika menabung tabungan emas di Pegadaian. Beberapa keuntungan itu ialah kantor cabang yang ada hampir di seluruh kota, tersedia juga di marketplace, biaya administrasi ringan, proses cepat, bisa cetak emas fisik mulai 1 gram, terjamin kualitasnya, dikelola dengan transparan dan profesional, harga jual kompetitif, dan top up bisa dilakukan mulai dari 0,01 gram.

#2. Marketplace

Kini marketplace tak hanya berfungsi sebagai tempat belanja, namun juga ada fasilitas mulai dari saham hingga emas. Beberapa marketplace tersebut ialah Bukalapak dan Tokopedia. Bahkan mereka memberikan kesempatan kepada kamu untuk berinvestasi emas hanya dengan modal Rp100,- dan Rp500,- jadi tak ada lagi alasan tidak bisa berinvestasi emas. Keunggulan berinvestasi di marketplace ialah aman dan terpercaya. Selain itu, prosesnya juga mudah, biasanya marketplace punya lebih banyak metode pembayaran dibandingkan tempat berinvestasi emas online lainnya seperti menggunakan uang digital.

#3. Unit Bisnis Antam

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam berinvestasi emas, tentu tak asing lagi dengan Unit Bisnis Antam ini. Di sini biasanya, mereka yang berinvestasi emas membeli emas dalam bentuk batangan secara online. Lokasinya berada di Pulogadung, Jakarta Timur. Keunggulan berinvestasi emas di sini ialah, kamu bisa membeli emas dengan harga yang lebih murah dari pasaran, karena tempat ini merupakan produsen emas.

Nah, keunggulan lainnya ialah, apabila kamu membeli emas dengan menunjukan NPWP, maka kamu akan mendapatkan potongan sebesar 0,45 %. Meski begitu, pembelian emas di tempat ini dibatasi setiap harinya yakni hanya menampung sekitar 150 pembeli per hari. Selain itu, jika kamu ingin membeli emas langsung di lokasi, pemeriksaannya cukup ketat. Untuk pembelian secara  online, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya.

#4. Bank

Selain berinvestasi di ketiga tempat di atas, kamu juga bisa investasi emas di bank. Beberapa bank sudah melayani pembelian emas batangan maupun per gram-gram kecil. Fasilitas yang didapatkan, kamu bisa investasi emas dan membelinya dengan kartu kredit atau cicilan.

Well, itulah informasi tentang investasi emas yang bisa menjadi salah satu instrumen investasi kamu. Selain saham, reksa dana, dan obligasi, instrumen investasi emas juga patut kamu pertimbangkan. Meskipun begitu, keputusan investasi ada di tangan kamu sendiri. Pastikan kamu berinvestasi sesuai dengan kebutuhan, ya.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com