Cara Membeli Bitcoin dan Tips agar Untung Banyak

EDUSAHAM.COM — Bitcoin menjadi salah satu jenis instrumen trading yang mulai banyak diminati oleh masyarakat. Instrumen yang satu ini juga bisa memberikan banyak keuntungan bagi para trader. Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan trading bitcoin, berikut akan dibahas mengenai bitcoin, cara membeli bitcoin, dan tips agar untung banyak.

Pengertian: Apa Itu Bitcoin

Cara Membeli Bitcoin

Sebelum belajar lebih jauh tentang bitcoin, hal pertama yang harus kamu pahami tentu saja adalah pengertiannya. Sebenarnya apa itu bitcoin? Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual atau cryptocurrency. Bitcoin ini mulai dikenal sejak tahun 2008 dan sampai sekarang telah banyak diperdagangkan.

Pengendalian bitcoin sebagai mata uang dilakukan melalui sistem yang terbuka. Siapa saja bisa melakukan pengembangan bitcoin meskipun tidak memiliki hak cipta atau izin. Bitcoin juga sudah banyak digunakan sebagai alat transaksi seperti jual beli. Sampai saat ini, bitcoin banyak diminati terutama oleh para trader.

Tentang Bitcoin

Jika ingin menggunakan bitcoin sebagai instrumen trading, tentu kamu harus memahami seperti apa karakter dari bitcoin. Kamu juga harus memahami banyak hal yang berhubungan dengan bitcoin. Berikut adalah beberapa informasi yang berhubungan dengan bitcoin.

#1. Sistem Peer to Peer

Proses transaksi menggunakan bitcoin dikenal dengan sistem peer to peer atau P2P. Artinya tidak ada perantara dalam kegiatan transaksi bitcoin. Mata uang digital ini digunakan untuk transaksi secara langsung. Setiap aktivitas transaksi yang terjadi akan selalu dicatat dan diverifikasi oleh jaringan tertentu.

#2. Penemu Misterius

Bitcoin diperkenalkan oleh seseorang yang mengaku bernama Satoshi Nakamoto. Namun, sosok Nakamoto ini masih sangat misterius sampai sekarang. Ia hanya mengaku berasal dari Jepang dan tidak ada informasi lainnya yang bisa menunjukkan siapa ia sebenarnya.

#3. Transaksi Pertama

Menurut sejarah awal mula munculnya bitcoin, mata uang ini pertama kali digunakan secara komersial untuk transaksi pembelian pizza. Laszlo Hanyecz yang juga merupakan seorang ilmuwan komputer memakai 10.000 bitcoin untuk membeli pizza di Papa John’s.

#4. Jual Beli Ilegal

Setelah diperkenalkan, bitcoin mulai banyak dipakai untuk berbagai jenis kegiatan transaksi. Bahkan bitcoin juga pernah dipakai untuk melakukan jual beli online ilegal. Bitcoin digunakan sebagai alat transaksi bagi mereka yang ingin membeli barang dan jasa secara ilegal seperti narkoba, senjata, dan lain sebagainya.

#5. Harga Sangat Fluktuatif

Perlu kamu tahu bahwa harga bitcoin sangat fluktuatif. Naik dan turunnya harga mata uang digital ini sangat mudah terjadi dalam periode waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, para trader maupun investor menganggap bitcoin sebagai instrumen yang memiliki risiko tinggi.

#6. Bisa Memicu Gelembung Ekonomi

Bitcoin ternyata diperkirakan memiliki potensi memicu terjadinya fenomena gelembung ekonomi atau economic bubble. Gelembung ekonomi merupakan sebuah kondisi dimana harga suatu barang atau jasa tiba-tiba naik secara drastis. Setelah kenaikan drastis itu kemudian hancur seperti gelembung yang dipecahkan.

Kondisi gelembung ekonomi ini bisa saja berbahaya bagi perekonomian suatu negara. Oleh karena itu segala bentuk transaksi yang menggunakan bitcoin harus benar-benar  dilakukan secara hati-hati.

#7. Bukan Mata Uang Resmi

Bitcoin bukanlah mata uang resmi sehingga kamu harus sangat berhati-hati. Apalagi di Indonesia bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Jika kamu sudah memiliki banyak mata uang bitcoin, maka kamu harus segera menukarnya dengan mata uang yang dianggap sah.

#8. Punya Risiko yang Besar

Perlu diketahui bahwa mata uang bitcoin ini punya risiko yang sangat besar saat digunakan sebagai alat untuk melakukan transaksi. Bitcoin jauh berbeda dari saham maupun komoditas. Bitcoin tidak memiliki dasar penjualan yang pasti. Bisa dikatakan bahwa kamu harus siap bertaruh jika suatu saat nanti bitcoin bernilai nol.

Trading Bitcoin: Cara Mendapatkan Bitcoin

Agar bisa melakukan trading bitcoin, berarti kamu harus punya bitcoin terlebih dahulu. Sebagai trader, kamu harus belajar dulu bagaimana caranya agar kamu bisa dapat bitcoin. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapat bitcoin yang bisa kamu lakukan.

#1. Membeli Bitcoin

Cara pertama yang bisa dilakukan agar bisa mendapat bitcoin tentu saja adalah dengan membelinya. Pembelian bitcoin bisa kamu lakukan lewat platform trading online. Pada bagian berikutnya akan dibahas lebih detail seperti apa cara membeli bitcoin.

#2. Mining

Mining merupakan sebuah aktivitas validasi transaksi pada suatu blockchain. Aktivitas ini kemudian akan menghasilkan blok yang baru. Namun, kamu harus memakai perangkat khusus agar bisa melakukan mining bitcoin.

#3. Cloud Mining

Bila kamu kesulitan mendapatkan perangkat untuk mining bitcoin sendiri, maka kamu bisa memakai cloud mining. Kamu bisa membeli CPU power yang memakai perangkat agar bisa mining bitcoin. Ada beberapa pilihan provider yang bisa digunakan yaitu Genesis Mining, Eebot, Hashnet, Hashflare, dan Hashing24.

#4. Memanfaatkan Program Referral

Kamu bisa mendapatkan bitcoin secara gratis dengan memanfaatkan program referral dari berbagai platform trading. Biasanya, platform trading mengadakan program afiliasi dengan komisi berupa bitcoin. Kamu cukup membagikan tautan kepada orang lain dan bisa dapat bitcoin.

#5. Kompetisi

Kamu juga bisa mendapat bitcoin secara cuma-cuma dengan cara mengikuti kompetisi. Coba cari program kompetisi yang biasanya diadakan oleh broker. Jika bisa menjadi pemenang di kompetisi yang mereka gelar, kamu bisa mendapat bitcoin tanpa keluar modal.

Cara Membeli Bitcoin

Salah satu cara untuk bisa mendapat bitcoin adalah dengan melakukan pembelian. Lalu, seperti apa cara membeli bitcoin? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membeli bitcoin.

#1. Lewat Platform Trading

Kamu bisa melakukan pembelian bitcoin melalui berbagai platform trading online. Untuk membeli bitcoin, silakan lakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu akan diminta melakukan pengisian data untuk registrasi. Kemudian kamu harus melakukan verifikasi akun dan baru bisa melakukan pengisian deposit.

Setelah memiliki akun dan membayar deposit, kamu bisa menggunakan deposit untuk membeli bitcoin. Lakukan pembelian bitcoin sesuai dengan kebutuhan dan jumlah deposit yang kamu miliki.

#2. ATM Bitcoin

Kamu juga bisa melakukan pembelian lewat ATM bitcoin. Konsepnya sama saja seperti konsep ATM yang biasa kita gunakan sehari-hari. Agar bisa melakukan pembelian lewat ATM bitcoin, kamu harus memiliki wallet bitcoin terlebih dahulu.

Pembelian bitcoin bisa dilakukan dengan memilih menu beli bitcoin pada mesin ATM bitcoin. Kamu bisa memasukkan jumlah yang akan dibeli. Berikutnya, kamu bisa melakukan scan QR code dari wallet bitcoin yang kamu punya. Setelah membayar, bitcoin yang kamu beli akan langsung masuk ke wallet bitcoin yang kamu punya.

#3. Membeli Langsung

Salah satu cara mendapat bitcoin yang paling praktis adalah membeli secara langsung atau face to face. Kamu bisa membeli langsung dengan pemegang bitcoin yang lain. Kamu dapat bertemu dengan pemegang bitcoin jika kamu bergabung dengan komunitas khusus.

Hanya saja ada kelemahan dari sistem pembelian seperti ini. Cukup sulit untuk menemukan orang yang bisa dipercaya dalam transaksi jual beli bitcoin. Lebih baik kamu menggunakan media yang terbukti aman agar bisa bertemu dengan orang yang tepat. Jangan lupa pelajari dulu cara jual beli bitcoin bagi pemula demi keamanan.

#4. Over the Counter

Kamu juga bisa membeli bitcoin lewat marketplace yang menyediakan transaksi mata uang digital seperti bitcoin. Platform seperti ini disebut sebagai platform OTC atau Over the Counter. Transaksi ini dilakukan lewat saluran pribadi dan memungkinkan kamu membeli bitcoin dalam jumlah yang besar.

Salah satu platform yang menyediakan fasilitas pembelian bitcoin di Indonesia adalah Toko Crypto. Kini fasilitas pembelian bitcoin juga semakin lengkap dan mudah dijangkau. Kamu bisa beli bitcoin dengan OVO. Kamu juga bisa mengikuti cara membeli bitcoin dengan PayPal. Gunakan cara yang menurutmu paling mudah.

Tips Untung Banyak

Trading bitcoin bisa memberikan untung besar bagi kamu jika kamu tahu seperti apa teknik yang tepat untuk diterapkan. Meskipun ada risiko yang besar, tapi bitcoin tetap bisa jadi pilihan instrumen yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa tips untung banyak dari trading bitcoin.

#1. Belajar Dulu

Kamu harus belajar dulu soal bitcoin kalau mau untung banyak dari instrumen ini. Bekal ilmu yang cukup akan membuat kamu bisa dengan mudah memainkan teknik investasi instrumen ini. Apalagi pasar bitcoin terus mengalami pengembangan dan informasinya terus berubah.

Pastikan kamu tahu seperti apa karakter bitcoin dan bagaimana perubahan harga yang terjadi di pasar. Sempatkan waktu untuk membaca berbagai artikel mengenai bitcoin yang dapat kamu temukan di internet. Pelajari juga bagaimana cara mendapat bitcoin dengan aman dan minim risiko.

#2. Tentukan Tujuan

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan tujuan. Supaya investasi yang kamu lakukan bisa berhasil, kamu harus tahu dulu apa sebenarnya tujuanmu. Apakah kamu hanya ingin mengumpulkan bitcoin sebanyak-banyaknya? Atau mungkin kamu ingin mendapat banyak untung dengan jual beli bitcoin?

#3. Pasang Target

Tentukan target yang ingin kamu raih setelah terjun di dunia trading bitcoin ini. Perlu diketahui bahwa memasang target sangat penting dilakukan agar kamu tidak berlebihan. Kamu harus bisa membatasi dirimu sendiri supaya tidak serakah. Jika kamu serakah, justru risiko kerugian yang membayangimu akan semakin besar.

Jika kamu sudah pasang target sejak awal, maka kamu akan puas setelah mencapai target tersebut. Ini akan membantu mencegah kamu bertindak lebih jauh demi keuntungan yang lebih besar namun berisiko tinggi.

#4. Analisis Kondisi Pasar

Penting sekali untuk melakukan analisis kondisi pasar agar tidak rugi. Menganalisis kondisi pasar bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu perlu mempelajari teori dan berlatih melakukan analisis. Analisis yang kamu dapat bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.

#5. Estimasi Harga Pasar

Kamu juga harus punya kemampuan untuk melakukan estimasi harga pasar demi mendapat untung besar. Estimasi harga pasar bisa kamu dapatkan dengan melihat kondisi harga yang selama ini biasa terjadi. Contohnya, harga yang ada di Indonesia jarang berada di atas Amerika, Jepang, dan negara-negara di Eropa.

Kemampuan untuk menentukan estimasi ini bisa didapatkan jika kamu update informasi. Karena itulah penting untuk mencari informasi dari berbagai sumber. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas agar mempermudah kamu belajar trading lebih banyak soal bitcoin.

Itulah tadi informasi mengenai cara membeli bitcoin, karakter bitcoin, serta tips untung banyak dari mata uang digital ini. Risiko transaksi dengan bitcoin memang sangat tinggi. Pastikan kamu tetap berhati-hati untuk menghindari risiko terburuk.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com