Cara Efektif Bitcoin Trading untuk Pemula

EDUSAHAM.COM — Tidak hanya forex, ternyata ada banyak instrumen trading lainnya yang tak kalah menguntungkan. Salah satunya adalah bitcoin. Bitcoin trading menjadi salah satu pilihan trading menarik yang perlu untuk dicoba. Berikut akan dibahas mengenai ¬†trading bitcoin Indonesia dan cara efektif supaya bisa dapat untung yang banyak.

Pengenalan Tentang Bitcoin

bitcoin trading

Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital atau cryptocurrency yang digunakan sebagai instrumen untuk melakukan trading. Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik dan memiliki karakter khusus. Berikut adalah beberapa karakter bitcoin yang sebaiknya kamu ketahui sebelum melakukan trading.

#1. Harga yang Fluktuatif

Bitcoin memiliki nilai yang sangat fluktuatif. Harga bitcoin bisa naik dan turun secara drastis dan pergerakan harganya sulit untuk diperhitungkan. Bahkan pergerakan harga bisa terjadi dalam periode waktu yang sangat singkat. Jika kamu ingin melakukan trading, maka cukup sulit untuk menganalisis pergerakan harganya.

#2. Instrumen Risiko Tinggi

Bitcoin merupakan jenis instrumen trading yang risikonya sangat tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan instrumen lainnya, bitcoin punya risiko yang paling tinggi. Itulah mengapa instrumen ini tidak terlalu direkomendasikan. Namun, jika kamu berani mengambil risiko tersebut maka tidak masalah.

#3. Transaksi Tidak Bisa Batal

Semua aktivitas transaksi dengan bitcoin yang sudah kamu lakukan tidak bisa dibatalkan. Jika memang ingin dibatalkan, maka kamu harus menghubungi langsung penerima bitcoin. Karena itulah, kamu harus sangat hati-hati saat melakukan transaksi. Pastikan untuk melakukan transaksi dengan orang yang memang terpercaya.

#4. Masih Terus Dikembangkan

Bitcoin merupakan jenis mata uang yang masih terus dikembangkan. Mata uang ini masih ada dalam tahap uji coba. Bitcoin masih belum stabil dan sulit sekali untuk diprediksi. Meskipun begitu, pemakaian bitcoin sudah semakin populer sampai saat ini.

#5. Bukan Mata Uang Resmi

Kamu harus selalu ingat bahwa bitcoin bukanlah mata uang yang resmi. Bitcoin tidak diakui sebagai mata uang yang sah di mata negara. Jika kamu memang ingin trading dengan bitcoin, maka sebaiknya kamu rutin menukarkan bitcoin yang sudah kamu kumpulkan.

Untung Rugi Trading dengan Bitcoin

Sebelum melakukan trading, kamu sebaiknya tahu apa saja keuntungan dan kerugian trading dengan bitcoin. Pada dasarnya memang semua aktivitas trading dengan instrumen apapun memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah untung dan rugi yang perlu kamu perhatikan saat melakukan bitcoin trading.

#1. Nilai Keuntungan yang Besar

Trading dengan menggunakan bitcoin bisa memberikanmu keuntungan uang yang cukup besar. Bahkan banyak cerita pemula trader yang bisa mendapat untung belasan juta rupiah dalam satu bulan. Namun, keuntungan ini tentu hanya bisa kamu dapat jika kamu berhati-hati dan mengambil langkah tepat saat trading.

#2. Banyak Broker yang Memfasilitasi

Bukan hal yang sulit untuk menemukan perusahaan broker yang bisa memfasilitasimu. Memang tidak semua perusahaan broker menyediakan fasilitas trading dengan memakai bitcoin. Namun, ada banyak juga broker terpercaya dan berkualitas yang bisa kamu pilih.

#3. Fleksibel

Sama seperti aktivitas trading dengan instrumen lainnya, trading memakai bitcoin sangatlah fleksibel. Kamu bisa melakukan trading dimana saja dan kapan saja. Aktivitas trading juga bisa dilakukan dengan platform yang mudah untuk diakses. Pilihan trading dengan bitcoin ini bisa jadi sumber pemasukan yang bagus.

#4. Risikonya Tinggi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa bitcoin merupakan instrumen yang memiliki risiko tinggi. Kamu harus siap menghadapi risiko kerugian yang cukup besar jika melakukan trading dengan bitcoin. Tapi selama kamu berhati-hati dan menerapkan strategi yang tepat, risiko yang harus ditanggung bisa diminimalkan.

#5. Sulit Mengambil Pilihan Tepat

Trader yang memilih bitcoin sebagai instrumen biasanya akan kesulitan untuk mengambil pilihan saat trading. Hal ini disebabkan oleh sulitnya memperkirakan pergerakan harga dari mata uang digital tersebut. Nilai bitcoin begitu fluktuatif sehingga sulit bagi kamu mengambil pilihan, apalagi jika kamu masih pemula.

Persiapan Melakukan Trading

Persiapan yang matang tentu akan membuat kamu lebih siap melakukan trading. Apalagi jika kamu masih pemula, penting sekali untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat akan melakukan trading dengan menggunakan instrumen bitcoin. Berikut persiapan yang perlu dilakukan.

#1. Memilih Broker

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah broker. Supaya kamu bisa melakukan trading dengan nyaman dan aman, pilihlah broker yang kredibel dan berkualitas. Perusahaan broker yang kamu pakai akan berpengaruh pada kesuksesanmu melakukan trading.

#2. Memilih Platform

Setelah menentukan pilihan broker, jangan lupa untuk memilih platform trading yang paling mudah untuk diakses. Biasanya perusahaan broker sudah menyediakan platform yang bisa kamu akses dengan mudah. Pastikan platform yang akan kamu pakai untuk trading bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa hambatan.

#3. Membayar Deposit

Setelah mendaftar ke broker dan mendapatkan platform trading yang tepat, kamu belum bisa melakukan trading jika belum bayar deposit. Lakukan pembayaran deposit kepada pihak broker. Deposit inilah yang nanti akan kamu gunakan untuk melakukan trading.

Jika sudah membayar deposit, pastikan kamu tidak memakai semua deposit untuk membeli bitcoin dan melakukan trading. Sebenarnya ada juga kesempatan untuk melakukan trading bitcoin tanpa modal. Salah satu caranya dengan memanfaatkan bonus modal dari pihak broker.

#4. Membeli Bitcoin

Instrumen yang akan kamu gunakan untuk trading adalah bitcoin. Artinya, kamu harus membeli bitcoin terlebih dahulu. Pembelian bitcoin bisa dilakukan dengan uang yang sudah kamu depositkan ke broker. Sebagai pemula, sebaiknya jangan membeli bitcoin terlalu banyak karena risikonya bisa cukup besar.

#5. Pelajari Bitcoin Lebih Jauh

Jangan lupa untuk memahami bitcoin lebih jauh lagi. Pelajari karakteristik dari bitcoin dan seperti apa cara untuk menganalisisnya. Kamu juga perlu bergabung dengan forum trader yang sering menggunakan instrumen bitcoin. Ini dilakukan agar kamu bisa belajar dari pengalaman para trader yang lain.

#6. Latihan Memakai Akun Demo

Persiapan selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah berlatih lewat akun demo. Biasanya broker menyediakan akun demo yang bisa digunakan para trader pemula untuk berlatih. Semakin sering kamu mencoba dan berlatih, maka semakin banyak bekal yang kamu dapat untuk melakukan trading.

Cara Trading Efektif

Seperti apa cara efektif yang bisa diterapkan saat melakukan bitcoin trading? Trading dengan instrumen yang satu ini memang cukup menantang dan risikonya tinggi. Tapi, kamu juga bisa dapat untung yang besar. Berikut adalah beberapa cara efektif trading dengan instrumen bitcoin.

#1. Menentukan Harga

Jika kamu ingin mendapat keuntungan dari aktivitas bitcoin trading ini, maka tentukan harga dulu. Kamu perlu menentukan harga jual maupun harga beli bitcoin. Sama seperti prinsip trading pada umumnya, belilah saat harga rendah dan jual pada saat harga sedang melambung.

#2. Mengatur Limit

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengatur limit harga jual dan beli. Ini dilakukan supaya kamu bisa menjual maupun membeli bitcoin di posisi harga terbaik. Pengaturan limit bisa dilakukan dengan bantuan fitur khusus. Kamu bisa dengan mudah mengatur harga jual maupun beli yang kamu inginkan.

#3. Arbitrage Trading

Kamu bisa mendapatkan untung yang besar dengan menerapkan strategi arbitrage trading. Prinsipnya sangat mudah yaitu membeli dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Kamu bisa melakukan pembelian bitcoin di bursa A kemudian menjualnya kembali dengan nilai yang lebih tinggi di bursa yang lain.

#4. HODL

Prinsip HODL sudah sangat populer di kalangan trader yang menggunakan instrumen bitcoin. Pada dasarnya strategi ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa membeli bitcoin sebanyak-banyaknya dan menyimpannya terus. Bitcoin tersebut baru kamu keluarkan jika harganya sudah sangat tinggi sehingga keuntungannya sangat besar.

#5. Manfaatkan Leverage

Adanya sistem leverage memberikan kemudahan bagi para trader, khususnya trader pemula. Leverage merupakan perbandingan modal yang bisa kamu keluarkan. Jadi, kamu bisa trading dengan modal yang ringan karena dalam bentuk perbandingan bukan angka yang sesungguhnya.

Namun, perlu diketahui bahwa leverage hanya ditawarkan oleh perusahaan broker. Broker tersebut juga harus broker yang menawarkan fasilitas trading dengan bitcoin. Leverage ini tidak bisa kamu akses melalui bursa maupun pihak exchanger. Kamu bisa melakukan trading bitcoin modal kecil dengan pemanfaatan leverage ini.

#6. Terapkan Prinsip Risiko 1%

Sebelum memulai trading memakai instrumen bitcoin, sebaiknya kamu paham dulu tentang prinsip risiko 1%. Artinya, kamu sebaiknya menetapkan ambang kerugian pada satu kali trading sampai 1%. Bisa juga kamu menetapkan ambang kerugian satu kali trading kurang dari jumlah modal keseluruhan yang bisa kamu investasikan.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Sebagai trader pemula, kamu harus belajar dari banyak kesalahan trading yang sering terjadi. Supaya bisa sukses di dunia trading dan dapat banyak keuntungan, kamu tentu harus menghindari segala jenis kesalahan. Berikut adalah beberapa contoh kesalahan yang perlu kamu hindari.

#1. Mengikuti Emosi

Trading dengan mengikuti emosi justru akan merugikan dirimu sendiri. Trading seharusnya dilakukan berdasarkan analisis yang matang, bukan emosi semata. Jangan terbawa emosi karena situasi trading yang mungkin tidak sesuai dengan harapanmu. Sebaliknya, jangan senang berlebihan jika trading berjalan sesuai harapan.

Hindari mengambil keputusan dan memasang posisi saat emosimu sedang tidak menentu. Misalnya, saat sedang marah dan kesal jangan mengambil keputusan apapun. Begitu juga saat kamu sedang merasa sangat senang karena baru saja dapat untung besar.

#2. Mengambil Keputusan Tanpa Dasar

Pengambilan keputusan dalam trading harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar. Tanpa analisis, kamu sebaiknya tidak mengambil langkah apapun. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik ambil waktu untuk berpikir terlebih dahulu.

#3. Menimbun Bitcoin

Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin mengumpulkan bitcoin sebanyak-banyaknya. Namun, perlu diingat kembali bahwa bitcoin bukanlah mata uang yang dianggap sah. Bitcoin memiliki nilai yang tidak stabil dan tidak bisa digunakan untuk transaksi secara sah atau legal.

Sebaiknya, kamu menukarkan bitcoin-mu secara berkala agar kamu bisa mendapat mata uang legal. Lakukan penukaran selagi nilai bitcoin tidak terlalu rendah. Jangan sampai menimbun terlalu banyak sampai ternyata nilai bitcoin tidak terlalu menguntungkan.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai bitcoin trading. Aktivitas trading yang satu ini memang sangat menyenangkan dan cukup menjanjikan. Meskipun risikonya juga tinggi tapi tidak ada salahnya mencoba. Kamu bisa langsung mencoba trading sekarang juga memakai aplikasi trading bitcoin terpercaya.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com