Terbaik! 10 Aplikasi Trading Saham Online Gratis

EDUSAHAM.COM — Bukan warga +62 kalau gak suka sama yang gratisan. Mulai dari akses daring, parkiran, sunatan hingga nikahan pun penginnya yang gratisan. Sekarang, kamu mau tahu juga aplikasi trading saham online gratis? Yaudah, tim edusaham akan menyajikan semuanya hanya untuk kalian semua. Kurang baik apa, coba?

Wokeh, untuk bermain saham online gratis memang bisa dilakukan dengan mendaftar ke aplikasi saham online. Jadi, aplikasi tersebut umumnya menyediakan simulasi main saham untuk kamu. Itu sangat bermanfaat untuk sekadar “coba-coba” sebelum kamu benar-benar terjun langsung beli saham secara real. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu pahami dulu jenis-jenis aplikasi saham, ya.

Jenis Aplikasi Saham Online

#1. Aplikasi Simulasi Saham

Aplikasi ini bisa digunakan untuk akivitas trading saham kamu, khususnya untuk melakukan simulasi. Umumnya, aplikasi jenis ini dapat di-download secara gratis. Tentu saja ini sangat cocok untuk calon investor yang akan masuk ke pasar modal Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan mengenal cara mendaftar saham perusahaan.

Kemudian, cara melakukan analisis teknikal dan analisis fundamental saham, sampai membaca pergerakan harga saham. Salah satu contoh aplikasi simulasi trading saham online ini adalah Stock Market Simulator, tersedia di Application Store.

#2. Aplikasi Saham & Berita Pasar

Selain memantau pergerakan harga saham, penting juga bagi investor atau trader untuk melek terhadap situasi pasar terkini. Pada artikel Tips Bermain Saham untuk Menggapai Financial Freedom juga telah dijelaskan bahwa suatu berita pasar bisa membentuk sentimen. Nah, sentimen pasar bisa berpengaruh pada harga saham: apakah naik atau turun. Oleh karena itu, aplikasi saham dan berita pasar ini sangat baik jika kamu koleksi. Apa contoh aplikasinya? Misalnya, Bloomberg, Investing.com, dan sebagainya.

#3. Aplikasi Saham Komunitas Online

Selain aplikasi simulasi trading saham online dan berita pasar, aplikasi komunitas saham online juga perlu digunakan. Apalagi bagi pemula yang belum memahami strategi bermain saham yang menguntungkan. Aplikasi ini sangat baik sebagai wadah bertukar pikiran, berdiskusi, dan berbagi pengetahuan sesama investor atau trader. Beruntung jika kamu dapat berkomunikasi dengan pemain saham senior, sehingga kamu bisa menyerap ilmu yang dimilikinya. Contoh aplikasi ini adalah Stockbit.

#4. Aplikasi Saham Mobile Banking

Tahu gak kamu bahwa Rekening Dana Nasabah (RDN), wadah untuk menabung uang tunai, dapat dimanfaatkan untuk pembayaran tagihan transaksi saham? Ya, layanan mobile banking ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi tersebut. Hanya saja, aplikasi saham mobile banking ini tidak bisa mengecek nilai saham atau info terkait layanan pasar modal lainnya.

#5. Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Nah, inilah jenis aplikasi saham yang terakhir. Aplikasi ini dimiliki oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Bagi pemula yang mau main saham secara real, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke perusahaan sekuritas. Cara daftarnya? Bisa baca di sini: Cara Daftar Saham Online. Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan diberikan akses masuk ke dalam aplikasi saham milik sekuritas tersebut. Dengan demikian, keleluasaan membeli saham ada digenggamanmu.

Aplikasi (Software) Trading Saham Online

Belajar saham

Sudah paham kan jenis-jenis aplikasi saham online? Nah, berikut ini tim edusaham sajikan 10 aplikasi trading saham online terbaik dan gratis! Dicatat, ya!

#1. RTI Business

Trader dan investor wajib memiliki aplikasi saham online ini! Selain gratis dan dapat diunduh melalui App Store, RTI Business menawarkan fitur yang komplet! Apa saja? Pertama, menu MARKET. Menu ini berisi informasi terkait pergerahan IHSG secara real time. Di dalam menu MARKET ada submenu Index Diary. Submenu ini berfungsi untuk melihat pergerakan IHSG per hari kalender: merah atau hijau. Jika merah, artinya IHSG ditutup melemah dari hari perdagangan sebelumnya. Sedangkan hijau berarti IHSG ditutup menguat dari hari sebelumnya.

Tidak hanya itu, ada juga menu INDICES, untuk melihat Indeks Harga Saham Dunia. Ini sangat diperlukan bagi trader dan investor untuk menilai kondisi pasar secara global. Ada juga menu WACTCHLIST, untuk melihat pergerahan harga saham masing-masing perusahaan. Banyak lagi menu yang tersedia di RTI Business, termasuk juga menu NEWS. Tentu saja, dalam satu aplikasi, kamu bisa memantau pergerakan harga saham sekaligus berita saham terbaru. Udah lengkap, gratis lagi. Buruan download!

#2. Stock Trainer dan Stock Screener

Inilah aplikasi trading saham online gratis lainnya yang sangat cocok untuk Android. Stock Trainer (Virtual Trading) dan Stock Screener (Find Stock) sangat cocok bagi pemula yang belum terjun ke dunia saham secara real. Dengan kata lain, aplikasi ini bersifat simulasi yang dapat dipakai untuk latihan trading saham.

Jangan khawatir, perusahaan yang sahamnya tercatat di BEI juga ada di aplikasi ini. Dengan demikian, kamu bisa melihat gambaran saham perusahaan dengan lebih baik. Tidak hanya itu, akses latihan trading kamu juga ditunjang dengan diberikannya dana setoran awal sebesar Rp9 juta. Tentu saja, modal Rp9 juta itu bisa buat beli saham Blue Chip!

#3. Stockbit

Aplikasi simulasi trading saham ini memungkin kamu untuk melakukan transaksi saham secara real time. Berbeda dengan aplikasi Stock Trainer dan Stock Screener, aplikasi Stockbit memberikan kamu dana awal sebesar Rp100 juta. Dengan modal segitu, kamu bisa membeli banyak perusahaan terbaik! Harapannya, kamu bisa berlatih mengelola modalmu dengan efektif dan membentuk portofolio terbaik.

Perusahaan apa saja yang tersedia di Stockbit? Banyak! Hampir semua perusahaan tercatat di BEI ada di Stockbit. Misalnya, saham Bank BCA (BBCA), saham Telkomsel (TLKM), saham Bank BRI (BBRI), saham Unilever (UNVR), saham Adaro Energy (ADRO), saham Gudang Garam (GGRM), dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat bermanfaat khususnya bagi pemula untuk berlatih mendapatkan cuan sebesar-besarnya, meskipun sebatas virtual.

#4. Nabung Saham GO

Sebagai penyelenggara pasar modal, Indonesia Stock Exchange (IDX) tak mau ketinggalan. Ya, aplikasi Nabung Saham GO merupakan aplikasi simulasi trading saham online yang dimunculkan oleh Bursa Efek Indonesia (IDX). Aplikasi ini sangat direkomendasikan khususnya bagi pemula yang pengin belajar bagaimana sistem perdagangan saham di Indonesia.

Apa sih yang istimewa dari Nabung Saham Go? Nah, di sini kamu dimanjakan dengan belajar trading semudah bermain gim! Ya, melalui Nabung Saham Go, kamu seolah-olah menjadi salaryman, bergaji Rp2.000 per detik, serta cash game sebesar Rp100 juta!

Di dalam aplikasi ini, telah disediakan sepuluh (10) saham yang dapat ditransaksikan. Perubahan harga dilakukan secara otomatis setiap satu menit, di mana batas kenaikan 20% dan batas penurunan 10%. Nantinya cash game bisa meningkat seiring dengan banyaknya kamu melakukan transaksi saham. Seru, kan?

#5. StockMarketSim

Aplikasi trading saham online selanjutnya yaitu StockMarketSim. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi saham sebelumnya, StockMarketSim juga memanjakan kamu untuk melakukan simulasi main saham. Kamu bisa men-download aplikasi ini melalui App Store dan gratis! Tentu saja, aplikasi ini mendukung perangkat Android. Nah, kelebihan StockMarketSim yaitu kamu diberikan setoran dana awal sebesar Rp10 miliar! Luar biasa, kan?

Dengan modal Rp10 miliar, kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli berbagai jenis saham. Perlu dicatat, kamu gak boleh merasa euforia dengan modal sebesar itu. Apalagi membeli saham tanpa melakukan perhitungan dan analisis yang baik dan benar. Kamu harus belajar mengelola uang sebaik mungkin, meskipun hanya sebatas virtual.

Aplikasi (Software) Trading Saham Online Sekuritas

Kelima software/aplikasi trading saham sebelumnya merupakan aplikasi non-sekuritas. Dengan kata lain, kelima aplikasi di atas bukan produk perusahaan sekuritas. Bagi kamu yang ingin terjun secara real ke dalam investasi dan trading saham, kamu bisa memakai aplikasi dari pihak sekuritas. Nah, berikut ini tim edusaham berikan beberapa contoh aplikasi saham dari berbagai sekuritas. Lebih lengkap bisa kamu cek di infografis di bawah ini, ya.

Aplikasi Trading Saham Online

#6. MNC Trade (MNC Sekuritas)

Aplikasi MNC Trade merupakan produk dari PT MNC Sekuritas. Nah, aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang menunjang transaksi saham kamu. Sebagai contoh, MNC Trade menyediakan fitur rekomendasi saham pilihan (MNC Recommendation). Tidak hanya itu, ada juga fitur Chart, News, dan banyak lagi! Sebelum melakukan transaksi saham, tentunya kamu harus melakukan deposit awal. Setelah menyetor dana awal, kamu bisa membeli saham perusahaan secara nyata!

#7. MOST (Mandiri Sekuritas)

Selain MNC Trade, kamu juga bisa menggunakan aplikasi trading saham online milik Mandiri Sekuritas. MOST, aplikasi saham miliki Mandiri Sekuritas, tidak kalah unggul dari aplikasi sekuritas lainnya. Secara “look”, tampilam MOST terlihat elegan dengan fitur yang mudah dipahami oleh nasabah. Secara umum, fitur yang ada pada MOST hampir sama dengan aplikasi sekuritas lainnya. Oh ya, Mandiri Sekuritas termasuk perusahaan BUMN loh, sama seperti Bank Mandiri.

#8. HOTS (Mirae Asset Sekuritas)

Inilah aplikasi trading saham terbaik selanjutnnya. Ya, HOTS merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Mirae Asset Sekuritas. Sekuritas ini menawarkan fee transaksi yang lebih kecil dari MNC Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Ya, fee beli dan jual Mirae Asset Sekuritas yaitu 0.15% dan 0.25%. Sedangkan fee beli dan fee jual di MNC Sekuritas dan Mandiri Sekuritas yaitu sama, sebesar 0.18 dan 0.28%. Dengan selisih 3%, tentu saja kamu bisa menghemat dana saham kamu. Untuk fitur aplikasi, tidak jauh berbeda dengan aplikasi sekuritas lain.

#9. IPOT Ultima (IndoPremier Sekuritas)

Aplikasi IPOT Ultima merupakan produk yang diluncurkan oleh IndoPremier Sekuritas. Secara fitur dan tampilan aplikasi, IPOT Ultima tidak jauh berbeda dengan aplikasi saham lainnya. Platform IPOT bisa digunakan pada Desktop, Website, dan Smartphone. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan. Biaya (fee) transaksi beli dan jual IndoPremier Sekuritas sebesar 0.19% dan 0.29%.

#10. ESMART (BNI Sekuritas)

Aplikasi trading saham ESMART merupakan aplikasi dari BNI Sekuritas. Perusahaan plat merah ini juga menyediakan fitur aplikasi saham yang cukup baik. Nah, untuk fee transaksi yang ditetapkan BNI Sekuritas, sama besarnya dengan Mirae Asset Sekuritas. Fee beli sebesar 0.15% dan 0.25% untuk fee jual.

Well, itulah aplikasi trading saham yang bisa menjadi pilihan kamu. Ya, kamu bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Jika kamu masih ingin “coba-coba”, kamu bisa menggunakan aplikasi simulasi saham. Sedangkan jika kamu ingin terjun secara langsung, kamu bisa daftar melalui perusahaan sekuritas dan menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Pada intinya, aplikasi saham hanya alat untuk menunjang aktivitas investasi atau trading. Yang lebih penting dari itu adalah bagaimana persiapan kamu dalam melakukan trading dan investasi saham. Semoga bermanfaat, ya.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com