Mengenal Enjin Coin (ENJ) untuk Pemula 2022

Enjin merupakan salah satu platform yang memberdayakan penggunanya, serta proyek lain untuk membuat NFT (non-fungible token) dan FT (fungible token) sendiri sejak tahun 2017. Enjin menghadirkan solusi tokenisasi yang lengkap dan mudah digunakan untuk aplikasi dengan jangkauan yang luas. Tertarik dengan Enjin? Simak ulasan lebih lengkap tentang Enjin di bawah ini.

Apa Itu Enjin?

apa itu enjin coin dan cara belinya

Enjin merupakan platform yang memungkinkan pembuatan, distribusi, penyimpanan, perdagangan, dan integrasi aset digital yang ditokenisasi. Fokus dari platform ini sendiri adalah pada penggunaan game dan perusahaan. Pihak yang menggunakan Enjin memanfaatkannya untuk membuat aset digital yang didukung oleh token ENJ.

Lantas, apa saja aset digital yang didukung oleh token ENJ ini? Mayoritas adalah aset digital kreatif seperti NFT Art atau NFT berupa karya seni, digital voucher, dan beragam item yang digunakan di beberapa video game. Selain itu, ENJ juga digunakan untuk menandai real estate komersial.

Enjin Coin atau ENJ yang merupakan mata uang kripto di platform Enjin dibuat di blockchain Ethereum. Initial Coin Offering (ICO) ENJ berlangsung di akhir tahun 2017, di mana pada saat itu dana yang berhasil dikumpulkan sebanyak $18.9 juta. Pemanfaatan Enjin sendiri sudah jauh lebih lama dilakukan, yakni di tahun 2009, untuk membentuk jaringan dari 20 juta pengguna Minecraft.

Berpegang pada pendekatan yang memprioritaskan pengguna dan menerapkannya ke ranah blockchain, Enjin pun mulai mengembangkan diri sebagai platform tokenisasi all in one terbaik. Proyek mata uang kripto Enjin dibagun sebagai ekosistem lengkap, yang menawarkan pengguna serangkaian produk yang dirancang untuk memungkinkan siapa saja untuk terjun ke dunia blockchain.

Cara Kerja Enjin

Enjin Coin (ENJ) yang digunakan di platform Enjin merupakan token ERC20, yang dibangun di jaringan Ethereum. Proyek mata uang kripto ini sendiri tak hanya menyediakan transaksi, namun juga smart contract. Enjin hadir dengan serangkaian fitur yang ekstensif, melalui API publik dan software development kit. Yuk simak di bawah ini rangkaian fitur di platform Enjin tersebut.

1. Pembuatan dan Pengelolaan Barang Virtual

Enjin menawarkan fitur berupa pembuatan dan pengelolaan barang virtual pada para penggunanya. Pengembang bisa meluncurkan mata uang kriptonya sendiri, yang didukung oleh Enjin Coin. Dengan begini, maka penambahan mata uang kripto ke dunia game dan gamification itu sendiri menjadi lebih mudah.

Dalam pencetakan mata uang kripto miliknya, pengembangan harus menggunakan Enjin Coin. Nantinya, jumlah token ENJ yang diperlukan akan dikeluarkan dari dompetnya, lalu dikunci dalam aset digital yang dibuat oleh pengembang tersebut. Melalui cara ini, token dipastikan digunakan secara jelas, meskipun nanti token akan hilang dari pasar dan berujung pada kelangkaan

2. Sejumlah Software Development Kit (SDK)

Platform Enjin menghadirkan sejumlah software development kit (SDK) bagi para penggunanya. Beberapa SDK tersebut seperti Java, Godot, dan Unity. Kehadiran SDK di platform Enjin ini memungkinkan jutaan pengembangan dengan mudah mengintegrasikan proyek mereka yang sebelumnya sudah ada atau pun yang memang masih baru.

3. Marketplace

Enjin menghadirkan marketplace yang memiliki lebih dari 10 juta digital item. Dengan jumlah digital item yang sebanyak itu, pengguna akan bisa menemukan, membeli, dan menjual beragam aset digital blockchain yang sifatnya langka dan unik.

4. Enjin Beam

Enjin beam merupakan sistem distribusi aset digital yang memungkinkan para pengembang untuk mengirim ribuan NFT dan FT ke pengguna, dengan hanya menggunakan pemindaian QR Code sederhana. Cara yang terbilang praktis, di mana bakal memudahkan baik pengembangan maupun pengguna.

5. Smart Wallet

Enjin menghadirkan smart wallet atau dompet mata uang kripto untuk menyimpan ragam aset blockchain. Smart wallet yang digunakan ini terhubung dengan ragam game dan aplikasi. Hingga saat ini, smart wallet dengan fitur lengkap yang dihadirkan Enjin ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali oleh pengguna.

6. Efinity

Pada masa yang akan datang, produk penskalaan Ethereum akan memungkinkan pemrosesan transaksi yang lebih cepat. Tak hanya itu saja, layanan untuk transaksi ini pun direncanakan tersedia gratis untuk token ERC20 dan ERC1155.

Siapa yang Mendirikan Enjin?

Enjin merupakan proyek yang dikembangkan bersama oleh Maxim Blagov sebagai CEO dan Witek Radomski sebagai CTO. Platform ini merupakan perusahaan nirlaba pertama yang dimulai sebagai platform komunitas para gamer pada tahun 2009. Setelah ICO dilakukan di tahun 2017, Enjin pun melakukan siaran langsung di tahun 2018.

Keunikan Enjin

Menurut sang CTO, keunikan Enjin terletak pada setiap kemampuannya untuk memproduksi token sendiri milik pengguna, dengan dukungan ENJ yang merupakan token asli di platform tersebut. Hal ini memungkinkan kehadiran game yang berbasiskan mata uang kripto dan blockchain, serta menghadirkan platform di dunia nyata yang digamifikasi.

Blagov sebagai CEO platform ini pun turut menyatakan kalau saat ini, platform Enjin fokus pada pengadopsian platform baru. Bayangannya di masa depan adalah jutaan gamer bisa menggunakan digital item yang didukung oleh Enjin Coin tanpa disadarinya. Dengan makin langkanya Enjin Coin nanti, maka akan tercipta nilai yang bagus untuk proyek tersebut.

Value dari Enjin

Enjin memiliki persediaan token yang terbatas, dengan jumlah maksimum yang terkunci sebanyak 1 miliar. Pengembang perlu mengunci token ENJ untuk mencetak virtual item. Nantinya, saat pengguna memperoleh virtual item tersebut, mereka bisa menggunakannya di dalam game atau pun menukar dan menjualnya untuk memperoleh ENJ kembali.

Data Teknik Enjin Coin (ENJ)

Pada awal tahun 2022 lalu, tepatnya di tanggal 3 Januari, jumlah ENJ yang beredar adalah sebanyak 846 juta ENJ dari total maksimumnya sebanyak 1 miliar ENJ. Berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar atau market cap, ENJ menempati peringkat ke-61, dengan nilai sebesar $2.4 miliar. Pada awal tahun tersebut, harga ENJ berada di angka $2.87 per kepingnya.

Data Teknis Lainnya

Token Enjin merupakan token yang bisa ditambang karena proyek ini menggunakan algoritma proof-of-work (PoW). Penambangan dilakukan dengan unit ASIC atau GPU, layaknya pengaturan penambangan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Meskipun tersedia untuk kebutuhan mining, ENJ tidak bisa untuk staking.

Kasus Penggunaan Enjin

Enjin tak hanya digunakan untuk keperluan di pasar game saja, melainkan juga digunakan untuk kebutuhan loyalty reward dan sektor real estate. Enjin yang juga kompatibel dengan platform Decentralized Finance (DeFi), memungkinkan pengguna untuk menyetor ENJ dan memperoleh bunga. Sementara, pengguna lain yang meminjam ENJ mereka, dilindungi dengan smart contract.

Beberapa Kemitraan Enjin dengan Perusahaan Multinasional

  1. Kemitraan dengan Atari untuk mengintegrasikan merek iconic ke dalam game berbasis blockchain di seluruh ekosistem ENJ.
  2. Kemitraan dengan BMW untuk memungkinkan pengguna aplikasi BMW Vantage mengubah poin hadiah BMW Coin yang dimilikinya menjadi ENJ.
  3. Kemitraan dengan Microsoft untuk menjalankan program penghargaan sosial yang disebut Azure Heroes.
  4. Kemitraan dengan Samsung untuk mengintegrasikan Samsung Blockchain Keystore di S10 ke dalam Enjin Wallet.
  5. Kemitraan dengan Unity untuk meluncurkan SDK yang akan memudahkan 4.5 juta pengembangan ekosistem Unity, untuk mengintegrasikan blockchain ke dalam aplikasi dan game
  6. Kemitraan dengan Protokol Aave, untuk memungkinkan pengguna menyimpan token ENJ di protokol tersebut dan mendapatkan bunga dengan membiarkan orang lain meminjamnya.

Cara Beli ENJ

Apakah Anda tertarik untuk mulai investasi dalam bentuk koin ENJ? Simak berikut ini cara beli ENJ untuk pemula:

1. Pilih Broker Crypto Terbaik

Broker crypto adalah perusahaan crypto exchanges atau pertukaran mata uang kripto, sekaligus broker multiaset. Adapun perbedaannya terletak pada aset yang diperdagangkan. Jika broker multiaset memfasilitasi perdagangan berbagai aset, termasuk saham dan lainnya, crypto exchanges hanya memfasilitasi perdagangan mata uang kripto saja.

Ada beberapa crypto exchanges terpopuler di dunia dan bisa jadi pilihan Anda seperti Binance, Coinbase, Huobi, Kraken, FTX, KuCoin, dan lainnya. Sedangkan di tanah air sendiri, ada sebanyak 18 platform crypto exchanges yang telah terdaftar secara legal dan resmi di Bappebti, seperti Indodax, Zipmex, Rekeningku, Luno, Pintu, Tokocrypto, Nanovest, dan lainnya.

Sedangkan perihal broker multiaset, ada beberapa contoh broker multiaset terbaik seperti Capital.com dan eToro. Tak hanya sudah teregulasi secara internasional, platform perdagangan berbagai jenis aset satu ini juga memberikan kemudahan akses bagi investor di Indonesia, misalnya seperti minimal deposit yang terjangkau, menyediakan pembayaran online banking, dan lainnya.

Platform perdagangan ini juga bisa memfasilitasi Anda yang ingin melakukan investasi saham di luar negeri seperti Apple (APPL), Meta (FB), Amazon (AMZN), Tesla (TSLA), dan lainnya, selain untuk berinvestasi dalam bentuk aset mata uang kripto. Jadi, cakupan atau fungsinya bisa dibilang jauh lebih luas.

2. Lakukan Pendaftaran untuk Buat Akun

Tahap berikutnya dari proses investasi mata uang kripto berupa ENJ adalah mendaftar di exchange atau broker crypto terbaik dan terpercaya yang Anda pilih. Pada ulasan mengenai cara pembuatan akun di broker crypto kali ini, platform perdagangan yang dipilih adalah Capital.com. Berikut ringkasan mengenai perusahaan multiaset tersebut.

  • Jenis : Broker multiaset dan CFD
  • Didirikan: Tahun 2016
  • Instrumen aset: Mata uang kripto, saham, forex, indeks, komoditas, dan CFDs
  • Regulasi: Australian Securities dan Investments Commission (Australia), Financial Conduct Authority (United Kingdom), National Bank of the Republic of Belarus (Belarusia), dan Cyprus Securities dan Exchange Commission (Siprus)
  • Minimal deposit: $20 atau sekitar Rp300-ribuan
  • Jumlah pengguna terdaftar: Terdapat jutaan trader dan investor dari berbagai negara di dunia
  • Akses platform: bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile dengan sistem operasi iOS dan Android
  • Penghargaan: Most Innovative Tech 2021 (by Tradingview) dan penghargaan lainnya.

Alasan pemilihan broker Capital.com ini sendiri yaitu karena selain bisa melayani investasi di instrumen aset berupa mata uang kripto, namun juga memungkinkan pengguna untuk membeli saham top dunia misalnya seperti Apple, Tesla, dan lainnya. Nah, simak berikut cara buat akun atau mendaftar secara online di platform Capital.com tersebut.

  1. Aktifkan VPN; atau lebih dianjurkan melakukan pengaturan DNS Cloudflare, langkah-langkahnya seperti ini: silakan masuk ke control panel, lalu pilih view network status and tasks, kemudian klik connections (koneksi internet Anda). Lalu, pilih properties, lanjut memilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4), lalu pilih properties kembali, kemudian klik use the following DNS server addresses, setelah itu, lihat di bagian preferred DNS server, pada kolom yang tersedia, silakan isi dengan 1.1.1.1, lalu klik OK.
  2. Kunjungi situs web Capital. Klik di Sini
  3. Masukkan alamat email aktif dan kata sandi (password). Klik Daftar.
  4. Silakan lakukan verifikasi email, periksa di kotak masuk (inbox) email Anda.
  5. Setelah itu, silakan siapkan dan upload dokumen identitas: KTP dan foto selfie.

3. Lakukan Deposit Dana

Setelah berhasil mendaftar dan memiliki akun, langkah berikutnya sebelum Anda bisa memulai investasi ENJ di Capital.com adalah dengan melakukan deposit, berikut caranya:

  1. Login ke akun.
  2. Pilih menu Setoran, atau pilih “setorkan dana ke akun”.
  3. Pilih metode pembayaran via perbankan online (online banking) agar proses lebih mudah dan cepat.
  4. Isi jumlah deposit, minimal $20. Kemudian, klik lanjutkan.
  5. Pada halaman Global Payment Solution, silakan klik bank transfer (virtual account) > lalu pilih bank CIMB Niaga > lalu klik proceed.
  6. Pada halaman IDR Deposit Virtual Account, Anda dapat melihat informasi lengkap seperti nomor referensi, nomor rekening, akun bank CIMB Niaga, dan nominal uang deposit dalam rupiah (pada saat itu, $20 setara Rp306.436).
  7. Anda dapat membayar melalui BCA, Gopay, atau OVO. Sebagai contoh, kami mentransfer melalui mobile banking BCA ke rekening Virtual Account CIMB Niaga yang tertera di sana dengan nominal Rp306.436.
  8. Setelah mentransfer, konfirmasi pembayaran yang dilakukan dengan klik “Saya Sudah Bayar.” Proses deposit akan diselesaikan, dan uang deposit pada umumnya akan masuk ke akun Capital Anda maksimal dalam kurun waktu lima menit.

4. Lakukan Transaksi

Ini merupakan langkah terakhir dari proses dan cara investasi kripto berupa ENJ, yaitu melakukan transaksi pembelian ENJ (buy). Berikut cara beli ENJ di Capital.com:

  1. Login ke akun.
  2. Pilih menu perdagangan.
  3. Anda bisa menemukan aset kripto terbaik yang akan dibeli pada menu pencarian, untuk kesempatan ini pilih Enjin.
  4. Setelah muncul crypto coin tersebut, misalnya pasangan Enjin/USD, lalu klik tombol beli.
  5. Silakan isi berapa jumlah koin ENJ yang dibeli.
  6. Terakhir, konfirmasi dengan klik Beli.

Kesimpulan

Enjin merupakan proyek mata uang kripto yang mengambil pendekatan terhadap gamifikasi unik, di mana proyek ini mencoba untuk memberi setiap item dalam game atau platform berbasis nilai di dunia nyata. Sejauh ini, Enjin telah berhasil mengukuhkan token Enjin Coin (ENJ) miliknya sebagai salah satu mata uang kripto yang berada di daftar teratas pada saat ini.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com