Cara Beli Cryptocurrency untuk Pemula 2022

Berbicara tentang cara beli cryptocurrency 2021, tidak terlepas dari kinerja aset digital tersebut yang memukau. Mata uang kripto atau populer disebut cryptocurrency dianggap sebagai opsi terbaik dibandingkan mata uang tradisional atau fiat. Pasalnya, crypto lebih kuat menghadapi inflasi – misalnya seperti Bitcoin (BTC), yang notabene crypto pertama di dunia. Tercatat, harga Bitcoin hari ini menunjukkan stabilitas yang baik. Sepanjang 2021, Bitcoin dan altcoin (sebutan untuk crytpo alternatif) berhasil mencatatkan rekor harga tertinggi sepanjang masa atau all time high/ATH. Sebagian analis menganggap ini baru permulaan. Meskipun harga cryptocurrency lebih fluktuatif – khususnya jangka pendek – namun itu adalah bagian dari dinamika pasar.


Harga Crypto Bitcoin (BTC)

Ada keyakinan bahwa cryptocurrency adalah solusi terbaik untuk penggunaan mata uang yang adil. Seperti halnya Bitcoin, misalnya, dengan jumlah pasokan terbatas, hanya 21 juta BTC, ini yang membuat Bitcoin disamakan seperti emas (gold). Harga Bitcoin sempat mendekati Rp 1 miliar per keping pada Q1 2021. Hal inilah yang memicu semangat masyarakat untuk investasi Bitcoin. Sebenarnya tidak hanya Bitcoin, rata-rata altcoin juga mencatatkan rekor harga tertinggi. Beberapa altcoin populer misalnya Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Ripple (XRP), Binance Coin (BNB), dan Dogecoin (Doge). Mengingat peluang pertumbuhan dan proyek yang menjanjikan di masa depan, rasanya masyarakat tidak boleh melewatkan kesempatan. Nah, berikut kami berikan panduan cara beli cryptocurrency 2021.

Panduan Beli Cryptocurrency untuk Pemula

Secara umum, ada empat (4) proses untuk memulai investasi di mata uang kripto (crypto).

Pertama, pilih platform crypto terbaik atau dikenal juga sebagai crypto market atau crypto exchange. Ada berbagai perusahaan – asing maupun lokal – yang menyediakan tempat pertukaran aset kripto atau platform crypto dengan fasilitas dan fitur yang kompetitif. Beberapa platform crypto asing terpopuler misalnya, eToro, Binance, Coinbase, Huobi, Gemini, Bitfinex. Untuk platform crypto Indonesia yang bisa dipertimbangkan misalnya Tokocrypto, Indodax, Rekeningku, dan Pintu.

Kedua, melakukan pendaftaran (sign up) di platform crypto terpilih. Setelah mempertimbangkan beberapa faktor, Anda misalnya memilih platform crypto eToro. Nah, Anda bisa membuka akun dengan melakukan registrasi. Platform eToro dapat diakses secara online.

Ketiga, proses setoran dana atau deposit. Ini merupakan syarat wajib agar akun Anda diverifikasi dan dapat melanjutkan ke proses transaksi beli crypto.

Terakhir, proses pembelian cryptocurrency. Setelah deposit, Anda dapat memilih berbagai jenis mata uang kripto yang tersedia di platform crypto.

eToro – Platform Investasi Multiaset

Cryptocurrency di eToro

Daftar di eToro

Aktifkan VPN untuk Mengakses Web eToro

Dari berbagai platform cryptocurrency yang ada, eToro merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat dipertimbangkan. Ada beberapa alasan kenapa eToro layak dipilih, yaitu sebagai berikut.

  1. eToro adalah broker internasional multiaset. eToro menyediakan banyak instrumen keuangan, seperti mata uang kripto (crypto), saham (stocks), reksa dana di bursa (ETFs), commodities, currencies, dan indices. eToro juga terkenal dengan CFD dengan underlying assets.
  2. eToro telah beroperasi sejak tahun 2006. Artinya, eToro berpengalaman dalam memberikan fasilitas platform investasi, termasuk crypto, kepada investor global. eToro memiliki rekam jejak yang sangat baik.
  3. eToro mengantongi izin dan legalitas dari lembaga keuangan di berbagai negara. Misalnya, Financial Conduct Authority (FCA) – United Kingdom, Australian Securities and Investment Commission (ASIC) – Australia, National Futures Association (NFA) – United States, dan Cyprus Securities Exchange Commission (CySEC) – Cyprus.
  4. eToro menyediakan 23 jenis crypto terbaik, beberapa di antaranya: Bitcoin (BTC), Ripple (XRP), Ethereum (ETH), Dogecoin (Doge), Cardano (ADA), Binance Coin (BNB), Stellar Lumens (XLM), Uniswap (UNI), Chainlink (LINK), Bitcoin Cash (BCH), Litecoin (LTC), TRON (TRX), EOS (EOS), IOTA (MIOTA), AAVE (AAVE), dan lainnya.
  5. eToro memiliki dompet crypto terbaik dan aman yaitu eToro wallet. Ini adalah jenis dompet crypto hot wallet – dapat diakses online via aplikasi atau web browser.
  6. eToro memiliki platform trading crypto terbaik. Platform eToro dapat diakses via website browser dan/atau aplikasi (download gratis di Playstore/AppStore. Note: akses via webiste membutuhkan VPN.
  7. eToro menetapkan jumlah uang deposit yaitu 200 USD atau Rp2,8 jutaan. Untuk ukuran broker internasional dan platform wajib bagi investor global, nominal ini dapat dikatakan relatif terjangkau.
  8. eToro menyediakan fractional shares. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan diversifikasi, misalnya dengan membeli saham, Anda dapat memanfaatkan fasilitas fractional shares. Singkatnya, fasilitas ini memungkin investor untuk membeli saham – misalnya saham Facebook, Tesla, Amazon, Microsoft, Google, dll – dengan satuan lot lebih kecil, seperti 0,01 lot, 0,05 lot dan seterusnya. Artinya, dengan modal kecil – let’s say Rp 2,8 juta – Anda tetap bisa memiliki saham Tesla (TSLA) yang harganya hari ini $605 per lot.

Panduan Resgistrasi di eToro

Proses pendaftaran (sign up) di eToro – seperti yang telah dijelaskan sebelumnya – bisa dilakukan melalui aplikasi eToro dan/atau website eToro. Kami akan memberikan panduan kepada Anda cara daftar di eToro via website.

Pertama, aktifkan VPN. Kemudian, kunjungi website eToro. Bisa juga klik di bawah ini.

Website eToro

Kedua, pilih “Join Now” – Anda akan masuk ke halaman registrasi atau sign up.

Akses Website eToro

Ketiga, buat username, masukkan email aktif, dan buat password akun. Opsi lain yaitu daftar dengan menghubungkan ke akun Gmail atau Facebook.

Setelah itu, sebelum klik “create account”, centang info “Terms & Condition” dan “Privasi Policy & Cookie Policy” terlebih dahulu.

Lalu, verifikasi email terdaftar. Periksa link verifikasi yang dikirimkan oleh eToro ke email Anda.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke akun eToro. Proses berikutnya yaitu melengkapi data akun eToro Anda. Caranya, silakan klik menu “Setting”.

Lihat panah no 1 dan no 2.

Menu Setting di eToro

Ketika klik bagian no 1, Anda akan diminta untuk melampirkan/upload dokumen seperti berikut:

  • KTP = identitas diri
  • Bukti utilita (tagihan air/telepon/ listrik) = data tempat tinggal
  • NPWP = data identitas pajak

Proses Deposit di eToro

Tugas selanjutnya yaitu proses setoran awal atau deposit uang yang dipersyaratkan oleh eToro, yaitu minimal 200 USD atau Rp2,8 jutaan. Berikut cara deposit di eToro.

Pertama, log in ke dalam akun.

Kedua, pilih “Deposit Funds”.

Ketiga, isi jumlah uang deposit.

Terakhir, pilih salah satu metode pembayaran setoran/deposit.

Proses Beli Cryptocurrency di eToro

Setelah uang deposit masuk ke dalam eToro wallet Anda, berikutnya Anda bisa melanjutkan ke proses cara beli cryptocurrency, sebagai berikut.

Pertama, log in ke akun eToro.

Lalu, pilih “Trade Markets” – muncul semua aset yang ada di eToro, seperti stocks, ETFs, Crypto, Indices, Commodities, dan Currencies. Lalu, klik “Crypto”.

Menu Trade Markets di eToro

Setelah itu, muncul halaman “Coins” – terdiri dari 23 jenis aset kripto. Silakan pilih crypto yang akan dibeli, misalnya Ethereum (ETH) atau TRON (TRX) atau lainnya.

Cryptocurrency di eToro

Beli Crypto di eToro

Tips Investasi Cryptocurrency untuk Pemula

Selain memahami cara beli cryptocurrency, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak tahu bagaimana cara investasi cryptocurrency yang aman dan menguntungkan khususnya bagi pemula. Beberapa orang melakukan kesalahan dalam investasi crypto karena tidak mengerti apa yang mereka lakukan. Jadi, berikut beberapa tips investasi mata uang kripto yang bisa dipertimbangkan.

1. Pahami Apa Tujuan Beli Cryptocurrency

Setiap investor atau trader pasti memiliki tujuan berbeda dalam membeli cryptocurrency. Tidak ada masalah dengan perbedaan, yang salah yaitu jika tidak punya tujuan. Anda harus tahu, apakah beli crypto untuk trading jangka pendek atau disimpan dalam jangka panjang. Jangan beli mata uang kripto karena FOMO saja, itu jelas tidak baik.

2. Pahami Keuntungan dan Risiko Cryptocurrency

Anda perlu memahami konsep ini: “high risk high return”. Cryptocurrency pada dasarnya adalah aset atau instrumen yang high risk atau risiko tinggi karena harganya yang sangat fluktuatif. Harga cryptocurrency bisa sangat liar: naik puluhan hingga ratusan persen dalam jangka pendek dan bisa pula turun dengan persentase yang sama. Dengan memahami risiko dan keuntungan investasi crypto, Anda akan menyadari sepenuhnya apa yang Anda pilih sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari.

3. Pilih Platfrom Crypto dan Crypto Wallet yang Tepat

Platfrom crypto adalah wadah bagi investor untuk melakukan transaksi perdagangan mata uang kripto. Selain itu, platform crypto juga memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dan menerima berbagai jenis mata uang digital. Biasanya, setiap platform crypto akan menyediakan tempat penyimpanan coin crypto atau disebuat crypto wallet. Ini seperti dompet digital yang diakses secara online. Jenis dompet ini termasuk online wallet atau hot wallet. Karena terkoneksi dengan internet, hot wallet rentan terhadap peretasan. Jadi, Anda harus memilih platform crypto yang andal dan terbukti keamanannya. Kami merekomendasikan eToro sebagai platform trading crypto dan crypto wallet online terbaik.

eToro Wallet Indonesia

Daftar di eToro untuk Pemula Gratis

4. Belajar Analisis

Ada banyak analisis yang bisa dipakai dalam memilih aset kripto terbaik. Analisis yang paling populer yaitu analisis fundamental dan teknikal. Kedua analisis ini biasanya dipakai untuk berbagai jenis instrumen investasi, tidak hanya crypto, tetapi juga sering digunakan pada saham (stocks). Singkatnya, analisis fundamental pada crypto bisa mengacu pada seperti hal-hal yang menjadi pondasi dari aset digital tersebut. Misalnya, siapa pemilik atau pendiri atau pihak yang mendirikan crypto tersebut. Bagaimana proyek yang dijalankan, apaka punya prospek bagus atau tidak, dan lainnya. Sedangkan analisis teknikal pada crypto digunakan untuk mengambil keputusan timing atau kapan waktu terbaik beli dan jual crypto.

Rekomendasi Platform Trading Crypto Terbaik

Dari sekian banyak platform crypto, kami tetap merekomendasikan eToro sebagai pilihan paling aman. Seperti yang dijelaskan di awal, eToro memiliki kualifikasi yang baik dalam memberikan fasilitas dan keamanan di dalam menyediakan platform. eToro berpengalaman dan banyak dipilih oleh investor global, baik untuk investasi crypto, saham, dan aset lainnya. Selain itu, eToro juga memiliki rekam jejak yang bagus sehingga investor bisa dengan aman menyimpan aset atau coin crypto. Well, keputusan tetap ada di tangan Anda. Itulah informasi cara beli cryptocurrency 2021. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

Investasi Crypto via eToro

Pertanyaan Sering Diajukan

1. Apakah itu cryptocurrency?

Secara umum, cryptocurrency adalah mata uang virtual/digital yang terdesentralisasi dan menggunakan blockchain. Ini adalah jenis mata uang baru yang sekarang menjadi komoditas karena dapat diperdagangkan dan dijadikan sebagai instrumen investasi.

2. Dimana bisa beli cryptocurrency?

Masyarakat dapat membeli mata uang kripto/crypto melalui broker kripto atau platform crypto atau crypto exchange. Ada 13 crypto exchange di Indonesia yang legal dan terdaftar di Bappebti. Namun, platform crypto asing lebih banyak diminati, seperti eToro, Binance, Coinbase, Huobi, Gemini, dll. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Bagaimana cara investasi crypto untuk pemula?

Pertama, pilih broker atau platfrom crypto terbaik (kami menyarankan eToro). Kedua, lakukan pendaftaran (sign up). Ketiga, proses deposit dana. Terakhir, lakukan pembelian mata uang kripto di platform eToro.

4. Apakah crypto yang bagus untuk investasi?

Anda bisa mempelajari aset kripto melalui website-nya. Lihat apa yang mereka kerjakan, seperti apa proyek yang dilakukan, apa kelebihan mereka, dan lainnya. Lakukan riset secara dalam sebelum mengambil keputusan. Namun, Anda bisa mempertimbangkan membeli crypto dengan nilai kapitalisasi pasar atau market cap yang besar, seperti Bitcoin, Ethereum, Cardano, Binance Coin, Dogecoin, Ripple, dan lainnya.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com