Mengenal Apa Itu Sleeping Investor

Ada banyak jenis investor di sekitar kita dan mereka dibedakan oleh strategi investasi yang dijalankan. Salah satunya adalah sleeping investor yang dikenal sebagai investor paling santai namun bisa menghasilkan cuan banyak. Mungkin saja tipe investasi seperti ini cocok dengan kepribadian dan ekspektasi Anda. Mari pahami lebih jauh mengenai tipe investor ini dan seperti apa keuntungannya.

Pengertian Sleeping Investor

Sleeping investor merupakan orang-orang yang bisa menghasilkan keuntungan besar dari investasi tanpa perlu berusaha banyak. Jenis investor semacam ini biasanya fokus pada investasi jangka panjang, bukan hanya investor yang memanfaatkan fluktuasi harga pasar dalam jangka waktu pendek. Kerjanya terlihat mudah karena investor seperti ini tampak selalu santai, namun dibutuhkan strategi yang tepat agar cuan terus mengalir.

Dari namanya saja bisa ditebak bahwa investor seperti ini tidak perlu terlalu banyak bekerja. Bahkan mereka cenderung hanya diam tanpa perlu memantau pergerakan harga pasar harian. Meskipun begitu, investor seperti ini justru bisa mendapatkan cuan melimpah untuk jangka waktu yang panjang.

Salah satu contoh investor yang menerapkan prinsip investasi semacam ini adalah Lo Kheng Hong. Dikenal sebagai salah satu investor sukses di Indonesia, Lo Kheng Hong menerapkan prinsip investasi yang santai. Ia memulai investasi di tahun 1996 dan pada tahun 2012 asetnya sudah mencapai Rp2,5 triliun.

Keuntungan yang Didapatkan

Teknik investasi yang tenang dan tidak terlalu banyak aksi ini ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi sleeping investor:

1. Lebih Hemat Waktu

Teknik investasi semacam ini dirasa efektif menghemat waktu investor. Lebih hemat waktu karena investor tidak harus selalu melihat pergerakan harga harian. Waktunya tidak harus dikuras untuk mengurus investasi tetapi bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Aset atau instrumen yang sudah dimiliki dibiarkan bekerja memutar uang tanpa perlu ribet sehingga waktu yang digunakan juga jadi lebih efektif.

2. Tidak Perlu Aktif di Pasar Modal

Tipe investor seperti ini bisa merasakan kemudahan karena tidak harus aktif di pasar modal. Langkah investasinya tidak selalu dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar. Jadi mereka pun terbilang santai dan tak masalah jika tak aktif di pasar modal.

3. Mendapatkan Passive Income

Jenis investasi semacam ini akan membantu Anda mendapatkan passive income. Terasa benar-benar pendapatan pasif karena tidak perlu bekerja apapun. Tidak harus melakukan usaha apapun untuk mendapatkan cuan. Apalagi jika investasi sudah dilakukan untuk jangka waktu panjang, pasti akan benar-benar terasa menguntungkan karena uang akan bekerja untuk kita dan kita bisa bersantai saja.

4. Terhindar dari Stres dan Depresi

Ternyata investor yang menerapkan gaya investasi semacam ini bisa terhindar dari stres dan depresi. Tahukah Anda bahwa investasi kadang membuat seseorang merasa tertekan. Tuntutan untuk mendapatkan cuan lebih besar seringkali membuat investor stres. Belum lagi jika harga pasar sedang crash. Kondisi ini tidak akan dialami oleh sleeping investor karena mereka cenderung santai dan membiarkan harga pasar bergerak sesuka hati.

5. Merasakan Aman saat Berinvestasi

Tips investor seperti ini akan selalu merasa lebih aman saat berinvestasi. Aman karena investasinya digunakan untuk jangka panjang dan tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga pasar. Jadi memang benar-benar santai dan jauh lebih aman tanpa perlu panik memantau naik turun harga aset yang beredar di pasar modal.

Cara Menjadi Sleeping Investor

Tertarik untuk menekuni strategi investasi seperti ini? Sebenarnya tak sulit untuk menerapkan teknik investasi santai tapi menguntungkan tersebut. Berikut ini strategi yang bisa diterapkan oleh para investor:

1. Kumpulkan Modal Investasi

Langkah pertama, Anda harus mengumpulkan modal investasi terlebih dahulu. Sama prinsipnya dengan bisnis, harus ada modal yang akan diputar terlebih dahulu. Dalam dunia investasi, modal yang sudah terkumpul akan dipakai untuk membeli aset atau instrumen investasi. Bentuknya bisa bervariasi dan sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi.

Apakah gaya investasi seperti ini selalu butuh modal besar? Jawabannya belum tentu! Banyak juga yang memulai gaya investasi ini dengan modal kecil. Sesuaikan saja dengan kemampuan. Jika memang sulit mengeluarkan modal besar maka lebih baik keluarkan dulu modal kecil asalkan konsisten dan bisa terkumpul.

2. Temukan Aset yang Tepat

Selanjutnya silakan pilih aset investasi apa yang paling tepat. Sekarang ini ada banyak sekali jenis instrumen atau aset investasi yang ditawarkan. Coba cari mana yang paling cocok dengan profil risiko dan bisa memenuhi target untuk menjadi investor santai tanpa harus aktif di pasar modal. Dalam menentukan jenis pilihan aset ini, Anda harus berhati-hati dan sebanyak mungin mencari referensi.

Temukan mana aset yang memang benar-benar cocok dijadikan investasi jangka panjang dan stabil memberikan passive income. Jika Anda sudah memegang beberapa aset namun salah satunya dirasa kurang potensial, maka lepaskan saja. Ambil aset yang benar-benar cocok, misalnya saham dan reksadana pendapatan tetap. Namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi finansial dan tujuan masing-masing.

3. Fokus pada Tujuan Jangka Panjang

Jika ingin menerapkan teknik investasi seperti ini, maka Anda sangat disarankan untuk fokus pada tujuan jangka panjang. Investasi ini lebih cocok untuk investor jangka panjang, bukan mengejar target jangka pendek dengan fokus cuan melimpah cepat. Oleh sebab itu, fokuskan kembali diri Anda dengan target atau tujuan yang bersifat jangka panjang. Jangan terburu-buru untuk mencapainya dan biarkan saja mengalir dengan santai.

4. Jangan Mudah Terpengaruh Tren

Lo Kheng Hong tidak akan bisa sukses menjadi investor seperti sekarang jika mudah terpengaruh pada tren. Tren di dunia investasi memang akan terus berubah. Bisa saja di satu titik aset investasi tertentu naik pesat dan mendapatkan minat besar dari para investor. Namun hal ini bukan menjadi jaminan bahwa harga aset tersebut akan terus meningkat dan bisa mendatangkan banyak cuan.

Tetaplah fokus pada tujuan dan profil risiko sendiri. Jangan mudah tergoda dengan tren hingga Anda malah menghabiskan banyak modal untuk mengikutinya. Tenang saja sesuai dengan prinsip yang diterapkan pada teknik investasi satu ini. Anda juga sebaiknya jangan mudah tergoda dengan pencapaian profit investor lain, tetap fokus saja pada diri sendiri.

5. Lakukan Analisis Fundamental

Dalam prinsip investasi ini, analisis fundamental sangat penting untuk dilakukan. Seorang sleeping investor harus paham betul potensi aset yang akan ia investasikan ke depannya. Itulah mengapa analisis fundamental menjadi poin penting yang harus diperhatikan dengan cermat. Jika analisis fundamentalnya tepat maka akan lebih mudah untuk mendapatkan aset yang stabil dan bisa mendatangkan cuan untuk jangka waktu lama.

Menjadi sleeping investor akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan finansial bagi Anda di masa depan. Memang harus dimulai sedini mungkin dan tidak langsung bisa menghasilkan banyak cuan. Bahkan akan ada banyak tantangan untuk mencapai strategi investasi semacam ini. Namun dengan konsistensi dan analisis fundamental yang tepat, strategi investasi sejenis ini pasti bisa menghasilkan cuan yang melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com