Cara Beli Crypto untuk Pemula pada 2022

Edusaham.com – Investasi di instrumen mata uang kripto menjadi pilihan terbaik akhir-akhir ini. Selain karena menawarkan keuntungan (return) yang relatif tinggi, tidak sedikit proyek cryptocurrency yang juga dianggap punya prospek dan masa depan cerah, sehingga tampak menjanjikan. Inilah beberapa alasan utama mengapa banyak orang termasuk pemula mencari tahu cara beli crypto pada tahun 2022 ini. Ada yang ingin main trading crypto dalam jangka pendek, dan ada pula yang tertarik untuk investasi aset kripto jangka panjang seperti memilih crypto dengan fundamental bagus, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan lainnya.

Langkah-langkah Beli Koin Kripto

Tahapan memulai investasi cryptocurrency yang paling umum adalah melalui crypto exchanges, seperti Binance, Indodax, Tokocrypto, Coinbase, Kraken, Rekeningku, dan sebagainya. Platform crypto exchanges ini berperan selayaknya broker pada umumnya, yaitu pihak yang memfasilitasi pengguna untuk bisa memperdagangan atau trading aset kripto. Yang perlu dicatat bahwa crypto exchanges hanya menyediakan produk atau instrumen aset crypto saja.

Inovasi di ruang digital tampak tidak ada habisnya. Saat ini, telah hadir apa yang disebut broker atau platform multiaset. Jadi, platform multiaset adalah broker yang menyediakan lebih banyak instrumen aset keuangan, termasuk crypto coin, saham-saham luar negeri (seperti Amazon, Tesla, Twitter, Netflix, dll), emas, forex, CFD, komoditas, dan sebagainya. Ini memungkinkan investor di seluruh dunia termasuk di Indonesia untuk dapat berinvestasi di berbagai aset hanya dalam satu aplikasi.

Beberapa contoh platfrom multiaset terbaik dan terpopuler di dunia adalah eToro dan Capital.com. Akan tetapi, eToro untuk sementara waktu menutup pendaftaran bagi pengguna yang ada di Asia, termasuk di Indonesia. Dengan demikian, pilihan yang tersedia adalah via Capital.com.

Secara umum, langkah-langkah cara beli crypto untuk pemula pada tahun 2022 yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih platform trading crypto.
  2. Lakukan registrasi (sign up).
  3. Lakukan setoran perdana (deposit).
  4. Proses pembelian mata uang kripto.

1. Pilih platform trading cryptocurrency

Pada dasarnya, ada beberapa alternatif yang dapat dipilih untuk memulai investasi di mata uang kripto. Seperti yang telah disebutkan, setidaknya ada dua pilihan, yakni melalui platform crypto exchanges seperti Binance, Tokocrypto, Coinbase, Indodax, Kraken, dan Rekeningku; atau melalui broker multiaset seperti Capital.com dan eToro. Yang paling umum terjadi yaitu sebagian besar investor di dunia termasuk di Indonesia menggunakan beberapa platform trading sekaligus. Sebagai contoh, satu platform digunakan untuk trading crypto jangka pendek, dan platform lainnya khusus untuk akun investasi kripto jangka panjang. Akan tetapi, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Hanya saja, memang lebih efisien dengan menggunakan aplikasi multiaset.

2. Lakukan registrasi (sign up)

Proses pendaftaran adalah part penting dalam proses cara beli crypto. Baik crypto exchanges maupun broker multiaset sama-sama memungkinkan pengguna untuk melakukan registrasi secara online. Ini tersedia via website dan aplikasi seluler (mobile app). Pada panduan ini, kami memberikan contoh mendaftar via broker Capital.com. Berikut cara daftar di broker Capital untuk pemula pada 2022:

  1. Pertama, aktifkan VPN. Alternatif lain dapat melakukan setting DNS Cloudflare. Di sini, kami telah setting DNS sehingga tidak perlu lagi menggunakan VPN. Memang, DNS Cloudflare lebih direkomendasikan karena itu membuat akses internet jauh lebih aman dan cepat. Anda dapat mencari di internet cara setting DNS Cloudflare.
  2. Kunjungi website Capital, atau klik link ini.
  3. Anda akan melihat tampilan halaman website Capital. Tinggal pilih “berdagang sekarang juga”.proses daftar crypto di capital
  4. Lanjutkan dengan mengisi alamat email dan password. Klik lanjutkan.
  5. Lakukan proses verifikasi email, silakan periksa kotak masuk (inbox).

Nah, sebelum Anda masuk ke tahap deposit dana, silakan terlebih dahulu melengkapi profil akun dan melengkapi serta melampirkan (upload) dokumen identitas. Sebenarnya, Anda juga dapat langsung masuk ke bagian deposit, hanya saja aktivitas perdagangan akan lebih terbatas.

3. Lakukan deposit

Sebelum mengetahui cara beli crypto, penting untuk melakukan deposit atau setoran perdana. Uang deposit ini adalah modal awal Anda untuk memulai kegiatan trading atau investasi mata uang kripto. Karena Capital.com adalah platform online multiaset, pastinya Anda dapat membelanjakan modal Anda untuk ke banyak instrumen atau membuat portofolio investasi lebih variatif. Selain itu, jumlah minimal deposit di Capital sudah turun menjadi $20 atau sekitar Rp 300 ribuan (dahulu $100). Berikut ini langkah-langkah deposit dana di Capital.com:

  1. Masuk atau login ke akun.
  2. Klik menu deposit, atau pilih bagian setorkan dana ke akun.
  3. Pilih metode pembayaran. Lebih disarankan menggunakan online banking karena lebih mudah dan cepat.
  4. Isi nominal uang deposit, misalnya $20. Lalu, tinggal klik lanjutkan.
  5. Anda akan melihat tampilan halaman Global Payment Solution.
  6. Silakan pilih bank transfer (virtual account), lalu klik opsi CIMB Niaga. Ini menjelaskan bahwaAnda akan mentransfer sejumlah uang deposit ke rekening CIMB Niaga dari pihak Capital. Setelah itu, silakan klik proceed.
  7. Anda akan melihat tampilan informasi IDR Deposit VA, ini berisi mulai dari nomor rekening sampai jumlah uang deposit yang telah dikonversi ke rupiah. Kebetulan pada saat penulisan ini, $20 sama dengan Rp306.436.
  8. Kami di sini akan melakukan transfer ke rekening CIMB Niaga melalui mobile banking BCA milik kami. Anda dapat melihat instruksi yang telah disediakan, tinggal mengikuti saja alurnya. Selain itu, Anda juga dapat mentransfer via GoPay dan OVO.
  9. Setelah selesai transfer dana sebesar Rp306.436 via m-banking BCA ke rekening CIMB Niaga tersebut, langkah terakhir yaitu melakukan konfirmasi dengan memilih “Saya Sudah Bayar”.

4. Lakukan pembelian cryptocurrency

Inilah tahap cara beli crypto di Capital. Prosesnya sangat mudah, silakanpilih menu perdagangan, dan cari aset kripto yang akan dibeli. Anda juga dapat mengetik crypto yang diinginkan di menu pencarian: misalnya Bitcoin. Setelah itu, akan tampil mata uang kripto berpasangan, Bitcoin/USD. Kemudian, klik Beli.

Silakan ikuti prosesnya, termasuk mengisi jumlah koin kripto BTC yang akan dibeli, yang dapat disesuaikan dengan modal Anda. Satu hal lagi, perdagangan crypto di broker Capital dapat menggunakan leverage, khusus untuk crypto biasa menggunakan rasio 20:1. Penting untuk memahami bahwa penggunaan leverage memang sangat membantu untuk meningkatkan posisi perdagangan, namun ini merupakan konsep trading dengan utang. Jadi, pahami juga risikonya.

Pandangan akhir

Well, itulah informasi tentang cara beli crypto untuk pemula pada tahun 2022 khususnya via broker Capital.com. Ini dimulai dari proses memilih broker/platform perdagangan, tahapan pendaftaran, proses deposit dana, dan terakhir proses pembelian. Capital menjadi pilihan yang cukup ideal untuk melakukan investasi dan trading cryptocurrency, meskipun Anda punya pilihan lain seperti aplikasi crypto exchanges. Platform exchanges terpopuler atau terbaik di dunia seperti Binance dan Coinbase, sementara ada 13 exchanges di Indonesia yang terdaftar di Bappebti, seperti Tokocrypto, Pintu, Indodax, Rekeningku, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com